SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Panen Perdana Pisang Cavendish, Sahabat Petani Bakalan Wringinpitu Gelar Syukuran

(SIDOARJOterkini) – Sahabat Petani Bakalan “Sapelan” Desa Bakalan Wringinpitu Kecamatan Balongbendo Sidoarjo menggelar syukuran jelang panen raya pisang Cavendish di WKPB (Wahana Kebun Pisang Bakalan Wringinpitu), Kamis 27 Januari 2022.

“Setelah sekitar delapan bulan kita menanam pisang Cavendish hari ini kita akan laksanakan panen perdana,”ungkap Aziz Hermawan Ketua Sapelan, saat memberi sambutan pembuka pada acara syukuran panen raya di WKPB.

Diungkapkan Aziz, ide penanaman pisang Cavendish, bermula keluhan beberapa petani tentang hasil panen padi yang kurang baik karena beberapa faktor diantaranya banyaknya hama, dan sistem pengairan.

BACA JUGA :  Wanita Muda Patah Kaki, Setelah Motornya Tergelincir di Jalan Wonokupang Balongbendo

“Nah dari situlah kita beberapa petani, ingin membuat inovasi yang mendatangkan hasil melimpah dengan menanam pisang Cavendish di atas lahan sekitar 4 hektar yang berlokasi di RT 2 RW 01 ini,”ucapnya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh “Sapelan” bisa menginspirasi petani lain untuk meningkatkan perekonomiannya.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

“Semoga dengan panen perdana ini, merupakan awal kebangkitan ekonomi petani pasca pandemi,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bakalan Wringinpitu Nanang Hekso Sunaryo menyampaikan, dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan “Sapelan” dalam meningkatkan ekonominya dengan menanam pisang Cavendish.

“Lahan tidur yang selama ini tidak membuahkan hasil, hari ini dimanfaatkan dan diharapkan mampu mendongkrak ekonomi warga,”ungkap Nanang.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan

Keberadaan WKBP, lanjut Nanang akan menjadi ikon wisata baru Desa Bakalan Wringinpitu yang membanggakan dan akan terus dikembangkan.

“Semoga WKBP bisa dikenal, yang tentunya akan bisa menambah pendapatan warga,”tandasnya.

Hadir dalam syukuran Panen perdana tersebut Kepala Desa Bakalan Wringinpitu, Babinsa Bakalan, Ketua BPD, Para Ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan pemuda. (cles)