SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

“One Day Service” Jadi Program Unggulan Perumda Delta Tirta 2024

 

SIDOARJOterkini – Di tahun 2024 Perumda Delta Tirta akan mengimplementasikan program “one day service” pasang baru. One day service merupakan fasilitas pelayanan kepada calon pelanggan yang mengajukan pasang baru sambungan langsung (SL) di jalur pipa distribusi. Hal tersebut disampaikan oleh Fatihul Faizun , Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta, “Perumda Delta Tirta akan memberlakukan one day service untuk pasang baru calon pelanggan di tahun 2024 sebagai bentuk komitmen Direksi memberikan pelayanan prima dan yang terbaik untuk Masyarakat Sidoarjo”, ujarnya.

Ada beberapa perangkat lunak yang perlu direvitalisasi dalam pasang baru, antara lain system yang berbasis teknologi informasi. Hasilnya evaluasi selama ini bahwa harusnya dengan sistem yang berbasis teknologi informasi alur birokrasi dapat lebih efektif sebagaimana semangat reformasi birokrasi.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/04 Porong Terlibat Aktif Dalam Pelaksanaan Program Sub PIN Polio di Desa Binaan

“Selama ini kami menerima banyak pengaduan calon pelanggan karena proses Pasba yang lebih dari satu hari bahkan satu bulan, karena prosesnya yang begitu Panjang, mulai dari pendaftaran, registrasi calon pelanggan, pemberian nomor pelanggan, survey lokasi pemohon hingga one time password yang dilakukan di setiap tahapan administrasi pada bidang pelayanan dan operasional. Sehingga menjadi penting Perumda Delta Tirta membuat inovasi pemasangan sambungan langsung tidak lebih dari satu kali dua puluh empat jam”, Kata Faizun, panggilan akrab Fatihul Faizun.

BACA JUGA :  Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Ke Seluruh Puskesmas Sidoarjo

Metode one day service pada pasang baru SL selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga dijadikan perangkat pendukung guna support program nasional (INPRES) memperluas cakupan layanan dengan sumber dana APBN tahun 2024. Perumda Delta Tirta di tahun 2024 merencanakan target pasang SL sebanyak 35.000 dan kenaikan cakupan layanan menjadi 39,4%.

Faizun menjelaskan, bahwa dengan banyaknya tambahan pelanggan yang signifikan menjadi sebuah keharusan Perumda Delta Tirta mempunyai inovasi di bidang pelayanan. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan semua stakeholder khususnya Kuasa Pemilik Modal (KPM), Ahmad Muhdlor (Bupati Sidoarjo), yang memberikan support kepada Perumda Delta Tirta Sidoarjo.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/04 Porong Terlibat Aktif Dalam Pelaksanaan Program Sub PIN Polio di Desa Binaan

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Bupati Sidoarjo selaku KPM yang telah memberikan support penuh pada Perumda Deta Tirta sehingga cakupan layanan menjadi berkembang secara signifikan pada dua tahun terakhir”, pungkasnya.(cles)