SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Muncul Asap, Warga Binaan Lapas Surabaya Berhamburan Keluar Blok

 

Warga binaan saat berada di titik kumpul

(SIDOARJOterkini) – Suasana Lapas I Surabaya terlihat mencekam, asap yang keluar dari sebuah stop kontak di salah satu kamar hunian membuat warga binaan panik sambil berteriak-teriak minta tolong kebakaran.. kebakaran, terlihat berhamburan keluar blok setelah petugas regu pengamanan yang dengan sigap membuka satu per satu kunci terali, Kamis malam 09 September 2021.

Suasana mencekam di Lapas yang terletak di Porong tersebut, memang sengaja diciptakan oleh pihak Lapas, yang saat itu tengah mengadakan simulasi penanganan situasi darurat.

“Kami sedang menggelar simulasi penanganan situasi darurat,”ungkap Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Surabaya Gatot Harisaputro.

BACA JUGA :  Akhir Pekan, Polresta Sidoarjo Hadirkan Vaksinasi Covid-19 Jemput Bola
Warga binaan yang panik berhamburan keluar blok

Dikatakannya, Simulasi sengaja dibuat semirip mungkin dengan kejadian aslinya. Properti seperti pembuat asap menambah suasana semakin mencekam. Bahkan beberapa WBP ada yang sampai lupa memakai baju dan segera meninggalkan kamar menuju titik kumpul.

“Kegiatan simulasi berlangsung 1 jam yang diikuti warga binaan di blok B,”ujarnya.

Disampaikan Gatot, edukasi keadaan darurat sangat perlu dilakukan di lapas yang dihuni sekitar 1900 warga binaan. Diharapkan dengan dilakukannya simulasi tersebut, warga binaan memiliki pemahaman apabila menghadapi kondisi yang darurat.

BACA JUGA :  Masyarakat Sidoarjo Yang Belum Mendapatkan Bansos Segera Lapor

“Kita mencoba satu wings pada simulasi tanggap darurat bencana, agar mereka tidak kaget dan tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi kondisi yang darurat,”ucapnya.

Kegiatan simulasi di Lapas yang dipimpin Gun Gun Gunawan itu, melibatkan petugas sesuai dengan tugas dan fungsinya. Baik Karupam, Wakarupam, petugas blok dan juga warga binaan di blok B. Gatot sekaligus memberikan penguatan penerapan SOP yang benar saat kejadian bencana.

BACA JUGA :  Dua Motor, 1 Pickup Terlibat Kecelakaan di Jalan Kanigoro Krian, 1 Pemotor Luka Serius

“Petugas blok melaporkan ke Ka Rupam untuk mengambil kunci dan mengumumkan ke seluruh WBP untuk tetap tenang dan berlari keluar mengikuti petunjuk arah jalur evakuasi menuju titik kumpul yang berada di lapangan,” urainya.

Salah seorang warga binaan berinisial BD mengaku simulasi ini menambah pengetahuannya. Terutama terkait bencana alam atau kebakaran.

“Kami terima kasih sekali, karena menjadi tahu apa yang harus dilakukan saat situasi darurat,” terangnya. (cles)