SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Hukum & Kriminal Indeks Profil

Mindset Menjadi Pribadi Yang Berguna

 

Penulis : Brigtar Rosyade Atiq Fepiosandi No. AK. 18.164.

Mindset atau yang lebih kita kenal sebagai pola pikir merupakan sekumpulan pemikiran yang mana dapat membentuk sebuah keyakinan. Pola pikir ini dapat mempengaruhi perasaan hingga tindak tanduk seseorang. Contoh saja apabila seseorang memiliki pola pikir bahwa ia tidak bisa mengerjakan suatu hal, maka yang akan terjadi selanjutnya ialah ia tidak akan bisa mengerjakan hal tersebut sampai dirinya mampu mengubah pola pikirnya tentang itu.

Sebuah pola pikir umumnya memiliki sifat yang cenderung kuat dan unik. Hal inilah yang membuat seseorang sangat susah untuk merubah pola pikir yang mereka punya. Padahal, pola pikir ini sebenarnya sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang, baik itu terhadap pencapaian ataupun masa depan yang akan dijalani.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Buka Pelatihan Barista di Buduran

Pola pikir juga merupakan salah satu hal yang paling dekat dengan kehidupan kita. Hal ini dapat dibuktikan dimana terkadang seseorang yang sudah lelah terhadap segala hal selalu berpikiran bahwa dirinya merupakan orang yang tidak berguna dan menyusahkan orang lain. Padahal, hal tersebut tentulah tidak benar. Efek dari pola pikir negatif inilah yang akan menjadi bumerang terbesar seseorang yang nantinya akan berpengaruh terhadap pekerjaan, kegiatan belajar, dan aktivitas sehari-hari

Adanya dampak yang besar dari pola pikir ini membuat kita harus memiliki pola pikir yang positif agar tentunya memiliki efek yang baik terhadap diri kita. Untuk memiliki pola pikir atau mindset yang positif sendiri, kita bisa melakukan sesuatu seperti hal sederhana berikut ini.
1. Memiliki keyakinan yang kuat bahwa kita bisa melakukan hal tersebut.
2. Kegagalan adalah hal yang wajar dalam suatu proses, maka dari itu kita harus terus mencoba dan berusaha serta tidak pantang menyerah.
3. Terus belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.
4. Konsisten serta terus meningkatkan hal-hal yang sudah dilakukan dengan baik.
5. Tidak terlalu memforsir diri, dimana istirahat merupakan bagian dari proses bekerja keras.
6. Selalu berpikiran positif terhadap sesuatu yang terjadi di luar kendali kita.
7. Menghadapi berbagai permasalahan yang menghampiri dan menyelesaikannya dengan baik dan bijak.

BACA JUGA :  Wabup Sidoarjo Resmikan Perpustakaan Ramah Anak “Ceria” SDN Ngingas Waru
BACA JUGA :  Perkuat Literasi Media di Lingkungan Pesantren, PWI Sidoarjo Gelar Ngaji Jurnalistik Santri

Itulah beberapa hal sederhana yang dapat kita ikuti agar dapat memiliki pola pikir atau mindset positif. Pada dasarnya, pola pikir ini berasal dari dalam diri kita sendiri. Oleh karena itu, hanya kita yang mampu untuk mengubah pola pikir diri sendiri, bukan orang lain.

Yuk, mulai sekarang mulai untuk memiliki pola pikir positif. Dengan adanya pola pikir positif, Anda akan tahu bahwa Anda berguna dan berpengaruh terhadap kehidupan orang lain.