SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Menyaru Sebagai Kurir, Penipu Perdayai Toko HP di Sidoarjo, 33 Unit HP Digondol

 

Aksi terduga pelaku sempat terekam CCTV

(SIDOARJOterkini) – Sebuah toko handphone yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Sidoarjo harus kehilangan 33 unit HP yang dipesannya, setelah diperdaya oleh seorang penipu yang menyaru sebagai pengantar paket yang lazim disebut kurir.

Kejadian yang terjadi pada Jumat (11/3) tersebut, bermula saat toko HP tersebut melakukan pemesanan handphone merk OPPO sebanyak 33 unit.

“Kami memang memesan HP sebanyak 33 unit,”ungkap MO (33) salah satu karyawan toko, Senin 14 Maret 2022.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Dampingi Penyaluran BLT-DD Mojorengagung

Pada hari tersebut, paket HP sebanyak 33 unit diantar oleh seorang kurir dan sudah diterima oleh toko HP tersebut. Namun, beberapa saat kemudian, ada seorang pria yang mengaku dari gudang pengiriman paket menghubungi dirinya, dan mengatakan agar tidak membuka paket yang sudah diterima tersebut dengan alasan jumlahnya masih kurang, dan untuk melengkapi kekurangannya itu, akan ada kurir yang mengambil paket 33 unit HP yang sudah diterima sebagai syarat untuk melengkapi kekurangan jumlah.

Dan benar, beberapa saat kemudian ada kurir yang mengambil kembali 33 unit HP yang sudah diterima. Saat paket yang dijanjikan tidak segera tiba, MO merasa curiga dan mencoba menghubungi orang yang dari gudang paket tadi.

BACA JUGA :  Cetak Perempuan Mandiri, Bupati Sidoarjo Berikan Bantuan Modal Kepada 1.891 Kelompok Usaha

“Oleh pria yang menelpon tadi dikasihkan alamat kantor gudang paket,”ujarnya.

Dan setelah didatangi kantor paket, kurir yang mengambil 33 unit HP ternyata tidak terdaftar sebagai pegawai kantor tersebut. Akibat penipuan tersebut korban menderita kerugian senilai Rp 76 Juta, aksi terduga pelaku juga sempat terekam CCTV.

BACA JUGA :  Ribuan Guru dan Anak PAUD Se-Sidoarjo Peringati HAN 2022

“Sudah dilaporkan ke Polresta Sidoarjo,”ucapnya.

Sementara itu, Pengelolaan Informasi Dokumentasi dan Multimedia (PIDM) Humas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono mengungkapkan jika laporan korban juga telah diterima polisi. “Pelaku masih dalam penyelidikan,” pungkasnya. (cles)