SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Menumbuhkan Kembali Semangat Tempur, 250 Personil Ikuti Latihan Pembinaan Satuan

IMG_20160411_181301
(SEDATIterkini) – Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Wing Udara 1 Juanda gelar Latihan Pembinan Satuan Tahun 2016, Senin (11-04-2016). Dalam acaranya, diikuti 250 Personil gabungan dari Staf Mako Wing Udara 1, Skuadron 200, Skuadron 400, Skuadron 600, Skuadron 800.

Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut, Dwika Tjahja Setiawan mengatakan latihan ini merupakan pertama kalinya digelar, untuk menumbuhkan kembali semangat tempur tidak hanya di udara melainkan di darat.

“Selama ini kami hanya melakukan latihan yang khusus bergelut di bidang pesawat udara. Maka sekarang ini program latihan pembinaan satuan kami adalah untuk menumbuhkan kembali naluri tempur sebagai prajurit,” katanya Dwika Tjahja Setiawan.

BACA JUGA :  DJP Lanjutkan Sosialisasi UU HPP di Kota Surabaya

Program ini, meliputi berbagai jenis latihan dari peraturan baris berbaris, pemadam kebakaran, menembak laras panjang dan pendek, repling, naik turun jaring, rayapan tali satu, berjalan titian tali, peluncuran, lempar kapak pisau, renang militer, kompas siang, berbivak dan lintas medan.

Program ini juga akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilaksanakan mulai 11 April-5 Mei 2016. “Nantinya latihan ini dilakukan secara rutin agar ke depannya para prajurit menjadi awak pesawat yang profesional. Sekarang materi darat, berikutnya meteri udara,” terangnya.

BACA JUGA :  Jadi Tahanan Pengadilan, Sopir Vanessa Dipindahkan Ke Lapas Jombang

Untuk meteri udara, lanjut Dwika Tjahja Setiawan, para peserta akan berlatih menggunakan semua jenis pesawat yang dimiliki Wing Udara 1 Juanda. Di antarantanya pesawat latih milik Skuadron 200, helikopter milik Skuadron 400, pesawat transportasi milik Skuadron 600, dan pesawat patroli maritim milik Skuadron 800.

BACA JUGA :  Pelaku UMKM Sidoarjo Deklarasi Dukung Ketum PKB Muhaimin Iskandar Sebagai Capres 2024

Tidak hanya itu, sebanyak 64 personil pendukung dan tenaga pelatih dari Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kobangdikal dan SAR Lanudal Juanda dikerahkan untuk melatih dalam pelatihan tersebut.(alf)