SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Menkop UKM Buka Tanggulangin Fair 2016

img-20161108-wa0023
(TANGGULANGINterkini) – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga membuka acara “Tanggulangin Fair 2016” yang berlangsung sejak hari ini, Selasa (08/11/2016) sampai dengan 7 Desember 2016 mendatang.

Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, kegiatan pameran produk-produk UKM ini sangat diperlukan. Karena melalui promosi seperti ini bisa meningkatkan mutu UKM yang ada di Sidoarjo. Selain itu, yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sudah “on the track”.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

“Kami melihat sudah dua langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ini, yang pertama adalah penguatan pelatihan UKM dan yang kedua adalah pemberian pembiayaan produksi UKM dengan kerja sama bank,” katanya.

Selain itu, dirinya sangat bangga. Karena dari hasil UKM ini, sudah bisa mengekspor kebeberapa negara. “Saya juga sudah mengunjungi beberapa stand dan terlihat produk yang dihasilkan tersebut sudah ekspor sampai dengan beberapa kota di luar negeri seperti ke Australia dan juga ke Eropa,” katanya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

UKM secara luas, merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Karena bisa menganggkat perekonomian masyarakat. “Seperti pada peristwa 1998 lalu, dimana ekonomi Indonesia sempat minus 13 persen dan empat bulan kemudian melalui UKM bisa tumbuh sampai dengan 4 persen,” katanya.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan kegiatan pamern UKM ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan roda perekonomian para pelaku UKM yang ada di Tanggulangin ini. “Tanggulangin ini terkenal dengan hasil produk UKM terutama kerajinan kulit, bahkan beberapa di antara produknya itu sudah diekspor keluar negeri seperti ke Italia,” katanya.(alf)