SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Memperingati Hari Santri Nasional, Puluhan Santri Ngontel Bareng Keliling Sidoarjo

img-20161022-wa0013

(TANGGULANGINterkini) – Memperingati hari santri nasional yang ke-2, sebanyak 75 santri Pondok Pesantren Manba’ul Hikam, Desa Putat Utara, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo gelar ngontel bareng keliling Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/10/2016).

Dalam menyemarakkan hari santri yang ke-2, berbagai macam kegiatan dilakukan oleh para santri se-Indonesia. Seperti halnya puluhan santri tanggulangin ini. Mereka keliling Kabupaten Sidoarjo menggunakan sepeda ontel kuno lengkap dengan pakaian khasnya seperti sarung, baju koko dan peci.

Nahwan Mas’udi, Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini selain diikuti para santri dan guru, juga diikuti oleh para alumni. Ngontel bareng yang dimaksud, tidak lain untuk melestarikan pribadi santri yang sederhana dan tetap menjunjung tinggi NKRI. “Kita mencoba melestarikan pribadi yg sederhana, asli indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA :  Jaga kebugaran, Prajurit Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Olahraga Bersama

Dalam kegiatan bertajuk dari santri untuk Indonesia, maju terus santri nusantara NKRI harga mati ini, mereka juga mengajak kepada masyarakat, khususnya para pemuda untuk mondok di pesantren. Mengingat kenakalan remaja yang saat ini kian marak seperti penggunaan narkoba, miras, balap liar dan kenakalan-kenalakaln remaja lainnya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Lanjutkan Program Renovasi Warung Rakyat Target 400 Unit

“Kalo di pesantren, kita tidak ada waktu untuk itu. Karena di pesantren, kita akan lupa dengan kegiatan semacam itu saat berkumpul, mengaji bersama para santri lainnya,” terangnya.

Kedepannya, lanjut mantan panwascam Buduran ini mengatakan, santri diharapkan bisa ikut serta berperan aktif didalam seluruh lapisan masyarakat dengan gaya yang elegan namun tetap dengan khittah santri. “Dalam hari santri ini, kami berharap supaya santri bisa berperan aktif di seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya.(alf)