SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Melihat Semarak Muhammadiyah Olimpiade Ismuba

Olympiade Ismuba Muhammadiyah
Olympiade Ismuba Muhammadiyah

(SIDOARJOterkini) – Ratusan siswa SD, MI Muhammadiyah sekabupaten Sidoarjo antusias mengikuti Olimpiade al Islam Kemuhadiyaahan dan Bahasa Arab (Ismuba) yang digelar di Sekolah Dasar Muhamadiyah 3 Ikrom, Jalan Taruna VIII C, Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (27-2-2016).

Olimpiade ini digelar oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhamadiyah SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Sidoarjo. Berbeda dengan olimpiade pada umumnya, olimpiade yang diikuti sebanyak 268 peserta dari 19 Sekolah ini, lebih menekankan pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) meliputi Alqur’an, fiqih, tarih dan aqidah.

“Olimpiade pada umumnya kan biasanya materi-materi seperti Bahasa Inggris, Matematikaa, Fisika dan pelajaran-pelajaran umum lainnya. Nah ini kita mengolimpiadekan pelajaran-pelajaran agama, supaya pengetahuan agama pada diri anak itu berkembang,” Kata Burhanudin, Ketua Panitia.

BACA JUGA :  Kuliner Baru Mie Gragas Siap Saingi Gacoan

Selain untuk membekali siswa sejak dini untuk lebih mendalami beberapa ilmu agama, Olimpiade ini juga untuk mempererat dalam menjalin silaturohmi antar guru. Untuk itu, Burhanudin berharap supaya pemerintah dapat memfasilitasi Olimpiade-olimpiade keagamaan seperti ini.

“Kami berharap kepada Masyarakat atau Pemerintahh dan pihak-pihak terkait, agar dapat memberikan fasilitas yang lebih dalam konteks olimpiade seperti ini. Karena olimpiade PAI semacam ini jarang digelar. Padahal secara tidak langsung dapat memupuk kepribadian yang agamis,” Harapnya.

BACA JUGA :  Pencuri di Sukodono Berhasil Kabur Dengan Ledakkan Bom Bondet Saat Ditangkap Warga
BACA JUGA :  Pemotor Alami Patah Kaki Terserempet Pick up di Jalan Watugolong Krian

Sementara itu, dalam teknis olimpiade yang digelar oleh MKKS SD,MI Muhammadiyah Sidoarjo ini terdiri dari Dua babak. Yang pertama dengan soal essay 60 soal agama, kemudian disaring sebanyak 20 peserta untuk melaanjutkan ke babak semi final dengan 35 soal uraian. (alfan)