SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Melihat Konvoi Buruh Sidoarjo Peringati May Day

Konvoi buruh dari Sidoarjo dilepas di depan pendopo Delta Wibawa
Konvoi buruh dari Sidoarjo dilepas di depan pendopo Delta Wibawa

(SIDOARJOterkini) – Lebih dari 2000 buruh dari puluhan pabrik yang tergabung dari Persatuan Pekerja Buruh Sidoarjo (PPBS) di Kabupaten Sidoarjo bergerak konvoi menuju Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Minggu (01-05-2016), yang dikawal ketat sebanyak 500 anggota kepolisian.

Ribuan buruh dari berbagai elemen yang diberangkatkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin dan Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir dari Alun-alun Sidoarjo ini dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh se-Dunia. Mereka bergerak ke kota Pahlawan dengan menggunakan 6 Mobil Komando, 2 Bis, 40 Truk dan 800 Sepeda Motor.

“Tujuan pertama memperingati buruh Nasional. Selain itu kita juga menuntut undang-undang perlindungan kerja yang rencananya disahkan oleh Gubernur Jawa Timur terkait pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean,” ujar Sukardji.

BACA JUGA :  Komisi B DPRD Sidoarjo Minta Disperindag Awasi Penjualan dan Cegah Penimbunan Minyak Goreng
BACA JUGA :  RSUD Krian Buka Perekrutan Pegawai Medis dan Non Medis, Berikut Penjelasannya

Selain itu, Sukardji, Kepala PPBS meminta agar segera mengesahkan janji-janji itu. “Kita mau secepatnya. Yang jelas ada proses, dan itu harus kita hormati. Tapi tak boleh di olor-olor juga,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, dari banyaknya pemberlakukan pelayanan BPJS yang belum maksimal, ia meminta agar perusahaan melakukan perbaikan sistem atas pelayanan BPJS di perusahaan-perusahaan mereka.

BACA JUGA :  Tekan Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Wilayah Tanggulangin

Tidak hanya itu, dalam konvoi tersebut, pihak buruh juga membawa seribu payung yang merupakan tanda bahwa, buruh juga memerlukan payung hukum. “Rencananya, nanti kita longmace dari Bubutan ke tugu pahlawan dengan membawa payung-payung ini. Tujuannya jangan sampai payung hukum itu tumpul kebawah,” pungkasnya.(alf)