SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Melihat Kegiatan Rutin PT Megasurya Mas Gelar Fogging di Tambaksawah dan Tambakrejo

Fogging yang digelar PT Megasurya Mas di Desa Tambaksawah dan Tambakrejo, Kecamatan Waru
Fogging yang digelar PT Megasurya Mas di Desa Tambaksawah dan Tambakrejo, Kecamatan Waru

(WARUterkini)- PT Megasurya Mas menggelar fogging di wilayah sekitar perusahaan yang berada di Tambaksawah, Kecamatan Waru, Selasa (22-3-2016). Fogging merupakan kegiatan rutin yang digelar perusahaan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan warga sekitar.

Apalagi, selama musim hujan ini rentan adanya wabah  penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu juga banyak penyakit lainnya karena lingkungan tidak bersih.

Bahkan, sudah beberapa korban akibat gigitan nyamuk demam berdarah yang telah menjalani perawatan dan pengobatan di rumah sakit. Tidak sedikit pula korban yang meninggal akibat penyakit tersebut. 

Di wilayah Waru, khususnya Desa Tambakrejo dan Tambak Sawah beberapa masyarakatnya terjangkit penyakit DBD. Apalagi di wilayah Desa Tambakrejo dan Tambak Sawah merupakan wilayah yang padat penduduk.

Penyakit Demam Berdarah tersebut saat ini mulai meresahkan masyarakat. Guna mengantisipasi wabah dari penyakit demam berdarah tersebut, dibutuhkan langkah pemberantasan dan pencegahan terhadap penyebab penyakit tersebut yaitu nyamuk atau sarang nyamuk Aedes Aegypty.

Upaya pemberantasan wabah penyakit tersebut merupakan pemikiran PT. Megasurya Mas dan beberapa instansi di wilayah sekitar, yaitu Kecamatan Waru, Pemerintah Desa Tambakrejo & Tambak Sawah serta Puskesmas Kecamatan Waru dan seluruh masyarakat Desa Tambakrejo & Desa Tambak Sawah.

BACA JUGA :  Pencuri di Sukodono Berhasil Kabur Dengan Ledakkan Bom Bondet Saat Ditangkap Warga

Instansi-instansi tersebut bersama-sama memberantas sarang nyamuk melalui Sosialisasi 3M+ (Menimbun, Menguras dan Menutup serta kegiatan lain yang dapat mencegah gigitan nyamuk) dan melalui pelaksanaan kegiatan Pengasapan / Fogging. Kegiatan pengasapan ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan seluruh wilayah Desa Tambakrejo dan Tambak Sawah terjangkau oleh pengasapan tersebut.    

Di sela-sela kegiatan tersebut Kaswanto Ketua RT 4 RW 8 Desa Tambakrejo mengatakan bahwa kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warganya karena sudah beberapa warganya telah dirawat di rumah sakit akibat penyakit tersebut. “Setelah tahu ada kabar bahwa warga saya telah menderita demam berdarah, langsung saya laporkan ke Desa dan menghubungi PT. Megasurya Mas dengan harapan ada kegiatan pengasapan seperti tahun sebelumnya,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Kaswanto, komunikasi dengan PT. Megasurya Mas relatif sangat mudah. Apabila warga sekitar mengalami kesulitan maka PT. Megasurya Mas dan pemerintah setempat dalam waktu dekat akan menyikapinya. Contohnya ya wujud pengasapan ini,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kuliner Baru Mie Gragas Siap Saingi Gacoan

Sedangkan Kepala Desa Tambak Sawah, Fatchur Rahman, berharap kegiatan tersebut dapat membasmi wabah Demam Berdarah di daerah Tambak Sawah dan sekitarnya serta dapat membuat rasa aman bagi masyarakat desa tersebut. “Kepedulian yang dilakukan melalui kegiatan tersebut sangatlah tepat pada waktu dan sasarannya, sebelumnya beberapa warga Desa telah menderita penyakit Demam Berdarah,” tandasnya.

Fatkhurahman berharap kegiatan ini dapat meredam keresahan dan kekhawatiran warga kami atas penyakit yang sangat berbahaya tersebut. Kami atas nama warga desa mengucapkan terima kasih kepada PT. Megasurya Mas atas pelaksanaan kegiatan tersebut“, tegasnya.

Korban jiwa, materi, dan perasaan khawatir telah dirasakan oleh masyarakat khususnya di kedua desa tersebut, karena kesehatan diri dan keluarga sangatlah berarti bagi masyarakat. Sebelumnya juga telah dilakukan beberapa kegiatan serupa pada saat penyakit ini mulai mewabah. “Kegiatan ini bukan merupakan yang pertama dilakukan oleh PT. Megasurya Mas yang bekerjasama dengan instansi setempat. Sebelumnya juga pernah beberapa kali dilakukan pada saat penyakit ini mewabah,” jelas Fatkhurahman.

BACA JUGA :  Disaksikan Irjen, Satker Pemasyarakatan Korwil Surabaya Deklarasikan Pelayanan PASTI dan BerAKHLAK

Warga juga sudah dihimbau untuk bersama-sama memberantas sarang nyamuk dengan melakukan kegiatan 3M+ yaitu menimbun, menguras dan menutup serta kegiatan lain yang dapat mencegah gigitan nyamuk, sehingga kegiatan pengasapan yang dilakukan benar-benar bermanfaat dan tidak sia-sia“ tambah Ali Murtadho, Ketua RT 3 RW 1 Desa Tambakrejo yang juga setia ikut mendampingi kegiatan Pengasapan tersebut.

Humas PT Megasurya Mas, Ponco Agung W, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan kedua wilayah Desa Tambakrejo dan Tambak Sawah tersebut telah terjangkau oleh kegiatan pengasapan ini. “Kami berharap kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan. PT. Megasurya Mas adalah juga bagian dari masyarakat di dua Desa tersebut, maka dari itu masyarakat disini harus kita perhatikan dan berikan dukungan yang baik guna meringankan beban mereka,” tandas Ponco.(st-12)