SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Melalui Pendidikan Perkoperasian, Kopwan Delta Sari Diharapkan Semakin Maju dan Berkembang

 

Hj Sa’adah Ahmad Muhdlor Penasehat Kopwan Delta Sari

(SIDOARJOterkini) – Sebagai penasehat Koperasi Wanita (Kopwan) Delta Sari, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor berharap Kopwan Delta Sari semakin maju dan berkembang. Untuk mencapainya dibutuhkan SDM pengelola koperasi yang mumpuni. Melalui penyelenggaraan Pendidikan Perkoperasian yang digelar di Pendopo Delta Wibawa, Rabu 04 Oktober 2022.

Hj Sa’adah Muhdlor menyampaikan bahwa kegiatan pendidikan perkoperasian penting diberikan kepada seluruh pengurus dan anggota Kopwan Delta Sari. Kegiatan seperti ini bagian dari upaya mengembangkan koperasi. Menurutnya maju dan berkembangnya koperasi tergantung dari pengelola dan anggota koperasi itu sendiri. Untuk itu ia meminta kemajuan koperasi dapat diwujudkan bersama. Pasalnya koperasi merupakan salah satu gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan dan gotong royong.

BACA JUGA :  Jaga Kondusifitas, Babinsa Koramil 0816/10 Balongbendo Lakukan Komsos dengan Toga Desa Penambangan

“Koperasi itu adalah salah satu gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan dan gotong royong, dengan gotong royong koperasi akan semakin maju dan berkembang,”ujarnya.

Dikatakannya, saat melakukan kunjungan kerja keluar kota, hal pertama yang ia lihat dan kunjungi terlebih dahulu adalah unit koperasi Dekranasda kabupaten/kota tersebut. Ia ingin melihat sejauh mana perkembangan unit koperasinya. Apakah tata kelola perkoperasiannya sudah berjalan dengan baik atau tidak. Informasi pengelolaan koperasi yang baik akan dicontohnya untuk diterapkan.

“Mari lebih kita giatkan lagi memajukan koperasi yang kita kelola,”sampainya.

Dirinya meminta kepada pengelola koperasi untuk dapat melahirkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan koperasi. Branding Kopwan Delta Sari dapat menjadi strateginya. Untuk itu ia berharap bila gedung Kopwan Delta Sari selesai direnovasi dapat diisi dengan fasilitas yang menarik. Seperti tempat mini library atau juga mini cafe. Ia yakin dengan keberadaan fasilitas seperti itu akan mendukung peningkatan pendapatan koperasi.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Tinjau Proyek SMPN 2 Tulangan Progres Capai 90 Persen

“Tidak hanya kantor koperasi, saya harapkan ada fasilitas mini library dan juga mini cafe, insyaallah bisa mendukung meningkatnya pendapatan koperasi,”katanya.

Sementara itu Ketua Kopwan Delta Sari Yunita Rosiana mengatakan diselenggarakan kegiatan pelatihan perkoperasian untuk meningkatkan SDM pengelola dan anggota Kopwan Delta Sari. Dikatakannya anggota koperasi menjadi bagian dari pemilik koperasi itu sendiri. Berkembangnya koperasi juga menjadi tanggung jawabnya. Bukan hanya tanggung jawab pengurus koperasi namun tanggung jawab bersama. Ia juga berharap dukungan semua pihak agar Kopwan Delta Sari akan terus berkembang.

BACA JUGA :  Seorang Pria Ditemukan Tewas Tergantung di Gudang Toko Tropodo Waru, Ada Surat Wasiat Dekat Korban

“Berkembangnya suatu koperasi tentunya harus didukung oleh semua pihak, salah satunya instansi terkait yang membidangi perkoperasian,”sampainya.

Dalam kegiatan yang dihadiri lebih kurang 100 orang pengurus dan anggota Koperasi Wanita Delta Sari tersebut menghadirkan salah seorang narasumber. Joko Yulianto, SE yang hadir sebagai narasumber membekali ilmu tentang Koperasi yang juga membuka dialog langsung dengan peserta.(cles)