SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Manfaatkan Warung Kopi, Babinsa Ramil 0816/13 Wonoayu Jalin Komunikasi Bersama Warga Desa

 

Foto : Serka Haerudin bersama warga saat bercengkerama di sebuah warkop

(SIDOARJOterkini)– Keakraban seorang anggota TNI dengan warga terlihat di sebuah warung kopi yang terletak di Desa Mojorangagung Kecamatan Wonoayu, Kamis sore 24 November 2022.

Sang TNI berbadan tegap tersebut adalah Serka Haerudin Babinsa (Bintara Pembina Desa) Mojorangagung, yang setiap saat selalu ikut aktif dalam berbagai kegiatan desa.

“Selaku Babinsa, saya bertanggung jawab atas kekondusifan wilayah binaan saya,”ungkap Serka Haerudin saat ditemui SIDOARJOterkini.com.

Diungkapkannya, dirinya harus ikut mengambil peran dalam berbagai kegiatan desa seperti pendampingan penyaluran BLT, Posyandu, vaksinasi, termasuk keamanan dan lainnya yang dilaksanakan di desa binaannya.

“Komunikasi intens dengan warga untuk menjaring berbagai informasi dan aspirasi harus sering kita lakukan meski di warung kopi seperti ini,”ucapnya sambil menyeruput kopinya.

BACA JUGA :  Inovasi "Peduli Dilan" Pemkab Sidoarjo Raih Top 30 Kovablik Jawa Timur 2022
BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo Gelontor Bansos Total Rp. 1 Miliar Untuk 3.599 Warga Sekitar Kawasan TPA Griyo Mulyo Jabon

Menurutnya banyak hal yang bisa dibahas dengan warga berkaitan dengan tugasnya sebagai Babinsa di warung kopi ataupun tempat lain yang biasa digunakan warga untuk berkumpul santai. Dengan saling bertukar pendapat diyakininya bisa terjalin silaturahmi dan keakraban dengan warga desa binaan.

“Kemanunggalan TNI dengan masyarakat akan bisa terwujud bila kita sering lakukan komunikasi dan duduk bersama seperti ini,”ujarnya.

BACA JUGA :  Lima Unit Kerja Lingkup Kemenkeu di Sidoarjo Gelar Bersama Harkodia Tahun 2022

Dikatakan anggota Koramil Wonoayu Kodim 0816 Sidoarjo tersebut, untuk bisa mewujudkan kebersamaan tersebut pihaknya sering kali juga harus berkunjung ke rumah warga yang menurutnya perlu mendapat perhatian.

“Sebagai Babinsa kita tidak bisa menunggu masalah timbul, tapi harus jemput bola sebagai langkah antisipasi,”tandasnya.(cles)