SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Magister Pengembangan SDM Unair Surabaya, Berbagi Tips Hadapi Kepanikan Saat Pandemi Covid-19

(SIDOARJOterkini) – Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang merasakan kepanikan, kondisi pandemi tidak hanya merubah tatanan kehidupan namun juga menghentikan berbagai sektor kehidupan. Dan situasi tersebut tidak hanya dirasakan masyarakat di Indonesia namun hampir di seluruh belahan dunia.

Magister Pengembangan  sumber daya manusia (SDM) asal Universitas Airlangga Surabaya, Agni Shanti Mayangsari memberikan tips menghadapi kondisi pandemi untuk tetap produktif pada kegiatan webinar Jurnalistik bersama SKK Migas – KKKS Jabanusa, Selasa 15 Juni 2021.

BACA JUGA :  Percepatan Vaksinasi, Polresta Sidoarjo Buka Posko Vaksin 24 Jam

“Terjadi kepanikan masyarakat ketika semua sektor kehidupan terhenti saat pandemi Covid-19,”ungkapnya.

Dikatakan Agni, kehidupan ekonomi, pendidikan, budaya, sosial bahkan  kesejahteraan masyarakat sempat terhenti saat pandemi Covid-19 merebak. Dan hal tersebut tidak saja terjadi di Indonesia namun juga di seluruh dunia.

BACA JUGA :  Pemotor Tabrak Pejalan Kaki Tak Beridentitas di Jalur Tengkorak Wonokupang Balongbendo

“Kepanikan tersebut merupakan hal yang biasa saat situasi Pandemi, namun kita tidak harus terbelenggu dalam situasi ini, adaptasi dengan kebiasaan baru serta produktif harus dilakukan,”ujarnya.

Dirinya menyebut ada tiga aspek dalam proses adaptasi, yakni Self Identity, Dalam proses adaptasi, Mayang membagi dalam tiga aspek. Pertama Self Identity, membangun sebuah kebiasaan yang membuat hidup sejalan dengan norma yang ada. Kedua Social Connectivity,  hidup harus memikirkan manfaat untuk orang lain. Dan hidup bersosial  merupakan  keseimbangan yang harus ada dalam setiap kehidupan.

BACA JUGA :  Tabrak Trotoar, Pemotor Asal Kediri Alami Luka Berat di Jalan Singkalan Balongbendo

“Nah selanjutnya adalah Goals Clarity, merupakan sebuah pencapaian hidup. Tujuan jelas inilah yang akan meminimalisir masalah yang akan timbul dalam kehidupan,”tandasnya. (cles)