SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Limbah Sapi Akan Dimanfaatkan Untuk Biogas

RPH Krian
RPH Krian

 

SIDOARJO- Limbah dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Krian akan diolah menjadi energi biogas. Hal ini dilakukan agar kotoran sapi tidak mencemari lingkungan.

Rencananya energi alternatif biogas untuk mengolah kotoran sapi di RPH dengan skala besar. Rencana itu diharapkan bisa direalisasikan untuk mengurangi limbah.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Bambang Erwanto mengatakan, petugas optimal mengolah kotoran sapi yang ada di RPH Krian. Pihaknya juga akan mengurangi polusi yang dengan merenovasi RPH Krian.

BACA JUGA :  Pj Bupati Sidoarjo: Pembelanjaan Anggaran Harus Disesuaikan Dengan Sistem Pembelajaran Via Daring Saat Pandemi

Bambang mengungkapkan, usulan adanya pengolahan kotorsan sapi menjadi energi alternative biogas sangat positif. “Paling tidak bisa dimanfaatkan untuk energi,” ujar Bambang.

Pengolahan kotoran sapi menjadi biogas akan dilakukan oleh Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sidoarjo.  ESDM akan menempatkan alat pengolahan kotoran sapi di RPH Krian.

BACA JUGA :  Mangkrak Satu Tahun, Pembangunan Wisma Atlet Akan Dilanjutkan, Anggarannya Segini...

Kabid ESDM Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sidoarjo Totok Mulyo Pratomo mengatakan pihaknya mengajukan anggaran untuk biogas RPH dalam APBD 2014 namun ditolak. Anggaran yang diajukan sebesar Rp 350 untuk alat biogas berskala besar.

Dengan anggaran tersebut akan menampung sekaligus mengolah kotoran sapi menjadi energi biogas. Nantinya, energi tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan rumah tangga.

BACA JUGA :  Dua Begal Asal Taman Diringkus Polisi, 1 Pelaku DPO

Meski ditolak, pihaknya akan kembali merencanakan pemasangan alat pengolahan kotoran sapi dengan skala kecil dalam APBD 2015. Diharapkan dengan anggaran yang lebih kecil, perencanaan tersebut bisa terlaksana. Sehingga memudahkan pengolahan kotoran sapi yang saat ini dianggap masih belum maksimal. (st-12)