SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020 Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Lakukan Simulasi Pemungutan Suara, Ketua KPU Sidoarjo: Agar Tidak Terjadi Penumpukan Pemilih

 

Simulasi Pemungutan Suara di Kecamatan Wonoayu Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo terus mematangkan persiapan pencoblosan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo pada 9 Desember mendatang.

Salah satu persiapan yang dilakukan dengan menggelar simulasi pemungutan suara sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Pada saat simulasi, pemilih masuk TPS dengan pemeriksaan suhu badan, mencuci tangan, dan pemberian sarung tangan plastik.

Selepas masuk TPS, pemilih juga mensimulasikan mencoblos surat suara hingga terakhir pemberian tinta tetes.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengenakan Alat Pelindung Diri (APD). Seperti sarung tangan dan face shield.

BACA JUGA :  Ustadz di Sidoarjo Sodomi 25 Santri Diringkus Polisi

Menurut Mukhamad Iskak Ketua KPU Sidoarjo menjelaskan simulasi pemungutan suara ini dilakukan serentak di seluruh kecamatan di Sidoarjo.

“Simulasi ini penting untuk memastikan proses pencoblosan nanti sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, termasuk mensosialisasikan hal-hal baru pada saat pencoblosan,” Katanya saat dikonfirmasi, senin 7 Desember 2020.

BACA JUGA :  Polsek Krembung Amankan Jalannya Vaksinasi Covid-19 di Pura Penataran Agung Margo Wening

Usai menggelar simulasi ini, KPU juga mendapat sejumlah masukan dari simulasi itu. “Mayoritas soal jumlah pemilih maksimal di dalam TPS. Agar tidak menumpuk,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, selain simulasi, KPU Sidoarjo juga mulai mendistribusikan logistik pemungutan suara ke masing- masing Desa. Seperti surat suara, bilik suara dan kotak suara. Rencananya, logistik baru akan dibawa ke TPS tanggal 9 pagi.

BACA JUGA :  PW LPPNU Jatim Tolak Keras Rencana Pemerintah Pungut Pajak Sembako

Namun, hal itu tidak berlaku bagi daerah terpencil seperti Dusun Kepetingan Desa Sawohan, Buduran. Dusun Pucukan dan Dusun Kalikajang, Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo. Pendistribusiannya bakal dilakukan maksimal h-1 pemungungutan mengingat akses yang terbatas (pung/cles).