SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Kurir Sabu 370 Gram Diamankan Petugas Bea Cukai Juanda

Kurir sabu yang diamankan petugas Bea Cukai Juanda
Kurir sabu yang diamankan petugas Bea Cukai Juanda

(SEDATIterkini) – Shabu seberat 370 Gram yang dibawa Umar (50), warga Pamekasan, Madura, berhasil diamankan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda di Terminal 2, Bandara Udara International Juanda, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Penggagalan penyelundupan shabu jenis methamphetamine oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Madura ini berawal saat petugas curiga dengan tas berwarna hitam milik Umar waktu dilakukan pemeriksaan di X-Ray.

“Saat kita lakukan pembongkaran, kita menemukan benda kristal putih yang diletakkan didalam tas begitu saja,” ujar Kepala KPPBC Juanda, M Mulyono, Senin (25-04-2016).

BACA JUGA :  RSUD Krian Buka Perekrutan Pegawai Medis dan Non Medis, Berikut Penjelasannya

Dirinya menambahkan, Umar yang saat itu tercatat sebagai penumpang pesawat Air Asia AK-362 rute Kuala Lumpur-Surabaya langsung diamankan bersama barang buktinya. “Dari pengakuan tersangka, dirinya sebagai kurir. Namun saat ini sedang kita lakukan pengembangan,” tambahnya.

Berhasilnya upaya penyelundupan itu, pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, Direktorat Reseserse Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda dan pengamanan bandara. Setidaknya berhasil menyelamatkan sekitar 1.850 generasi muda penerus bangsa.

BACA JUGA :  Ajak UKM Bangkit dari Pandemi, Alfamart dan Nestlé Gelar Festival UKM Sabang-Merauke
BACA JUGA :  Tekan Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Wilayah Tanggulangin

“Pelaku terancam dan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Penyelundupan Narkotika Golongan I dengan ancaman penjara 15 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar,” pungkasnya.(alf)