SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

KPP Sidoarjo Selatan Lampui Target Penerimaan Pajak Meski di Tengah Pandemi Covid-19

(SIDOARJOterkini) – Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, penerimaan pajak di kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan sampai saat ini mencapai 102,56 persen atau setara Rp.916 miliar. Angka tersebut lebih besar dari target yang ditentukan sebelumnya yakni sebesar Rp.893 miliar.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jatim II, Lusiani mengapresiasi atas tercapainya target penerimaan pajak yang dilakukan KPP Sidoarjo Selatan. Meski saat ini dalam situasi pandemi covid-19, namun penerimaan pajak berhasil diraih melebihi target yang telah ditentukan.

“Tingginya penerimaan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Selatan secara otomatis akan bisa menambah pemasukan keuangan negara,”ungkap Lusiani saat menggelar Syukuran atas pencapaian target di Kantor KPP Sidoarjo Selatan, Selasa, 29 Desember 2020.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Peduli Anggota Sakit

Selain KPP Sidoarjo Selatan, Lusiani mengatakan ada 6 KPP dari 16 KPP yang ada dibawah naungan Kanwil DJP Jatim II yang melebihi target penerimaan pajak. Diantaranya, KPP Pamekasan, KPP Bojonegoro, KPP Gresik Selatan, KPP Mojokerto, dan KPP Jombang.

“Beberapa KPP lainnya juga ada yang mau mencapai target yakni sekitar 98 persen. Seperti KPP Ponorogo, dan KPP Sidoarjo Barat,” terangnya.

Pencapaian penerimaan pajak di masing-masing KPP tentu juga berdampak pada peningkatan penerimaan pajak yang diterima Kanwil DJP Jatim II. Hingga saat ini, penerimaan pajak dikanwil DJP Jatim II mencapai 94,28 persen atau setara 18 Trilliun.

BACA JUGA :  Mobil Nissan Dihantam KA Jenggala di Perlintasan Tanpa Palang Pintu Prambon, Pengemudi Tewas

“Target penerimaan pajak di kanwil DJP Jatim II senilai Rp.19,5 Trilliun. Dan saya rasa kita masih punya waktu dua hari kedepan agar penerimaan bisa kembali naik,” tegasnya.

Pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk terus menaikkan jumlah penerimaan wajib pajak tahun ini. Mengingat, 80 persen anggaran negara bersumber dari penerimaan pajak.

“Meski sedang pandemi, pamerintah sangat butuh pajak itu. Jadi kita sangat memahami makanya kita berusaha maksimal untuk kerja keras agar bisa berkontribusi lebih untuk negara,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ciptakan Ketenangan Masyarakat, MUI Siap Bersinergi Dengan Polsek Krembung

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sidoarjo Selatan, Heru Budhi Kusumo mengatakan keberhasilan atas pencapaian target penerimaan pajak tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Meski dalam situasi pandemi covid-19, pegawai terus didorong untuk terus aktif dalam mensosialisasikan atas pelaporan dan penerimaan pajak terhadap WP diwilayahnya masing-masing.

“Saya sangat mengapresiasi baik Pegawai maupun WP. Meski pandemi, mereka masih patuh dalam membayar pajaknya,” jelasnya.(st-12/cles)