SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Kondisi Bayi Kembar Siam Tak Stabil, Akhirnya Dirujuk ke RS dr Soetomo

Bayi kembar siam saat akan dirujuk kr RS dr Soetomo untuk mendapat perawatan lebih lanjut.
Bayi kembar siam saat akan dirujuk kr RS dr Soetomo untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

(SIDOARJOterkini) – Bayi kembar siam, Ivanna dan Ivonne, Senin siang (21/12/2015) dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya guna mendapatkan perawatan intensif. Hal ini mengingat kondisi Ivonne yang terus menurun sehingga Tim dari RSUD Sidoarjo dan RSUD dr.Soetomo sepakat membawa kedua bayi kembar siam tersebut ke RS.Soetomo untuk mendapatkan penanganan medis.

Direktur RSUD Sidoarjo, Atok Irawan membenarkan tentang kondisi salah satu bayi yang bernama Ivonne mengalami penurunan saturasi oksigen dan harus mendapatkan perawatan medis di RSUD dr. Soetomo. “sekitar pukul 10.00 kondisi salah satu bayi yang beratnya 1,8 kg saturasinya memburuk hanya 80 harusnya diatas 95, dan kami sudah melakukan pertolongan namun kondisi tetap seperti itu sehingga harus dipasang inkubasi untuk membantu agar nafasnya kembali baik lagi dipasang ventileter, kemudian kami dari tim RSUD Sidoarjo dan tim RSUD dr.Soetomo berkoordinasi dan memutuskan agar kedua bayi di bawa ke RSUD dr.Soetomo untuk mendapatkan perawatan medis disana hingga waktu yang belum dapat dipastikan.” Papar Atok Irawan.

Selain itu Atok Irawan juga mengatakan bahwa hal ini diluar prediksi tim bayi kembar siam RSUD Sidoarjo dan tim RSUD dr. Soetomo sebab kedua bayi tersebut rencananya akan di rawat dan menjalani operasi di RSUD Sidoarjo. ” ini diluar dugaan karena menurut pantauan kami sejak lahir kondisi kedua bayi kembar siam tersebut stabil dan memungkinkan untuk dilakukan operasi pemisahan disini.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Depan SPBU Sidorejo Krian, Dua Orang Luka-luka
BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil Taman Himbau Warga Terapkan Prokes

Selain itu minggu depan rencananya tim bayi kembar siam dari RSUD dr.Soetomo akan memberikan pelatihan pada tim bayi kembar siam RSUD. Sidoarjo karena mengingat ini bayi kembar siam pertama yang ditangani oleh RSUD Sidoarjo ,” ujar Direktur RSUD Sidoarjo tersebut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bayi kembar siam berjenis kelamin perempuan anak dari pasangan Yohanes Dwi Putra (39), Dan Diana Natalia (32) Warga desa Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, lahir prematur di RSUD Sidoarjo, pada kamis(17/12/2015). Bayi pertama yang diberi nama Ivanna lahir dengan berat 1,6 kilogram, sementara bayi kedua yang diberi nama Ivonne lahir dengan berat 1,87 kilogram.(myu)