SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Komisi C DPRD Sidoarjo Pantau Perbaikan Jalan Untuk Mudik Lebaran

Perbaikan jalan di wilayah Sedati
Perbaikan jalan di wilayah Sedati

(SEDATIterkini)-Menjelang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, pengerjaan jalan di beberapa titik di Sidoarjo dikebut. Hal ini dilakukan untuk membuat rasa nyaman bagi pemudik dan warga sekitar.

Beberapa titik ruas jalan yang sudah dianggarkan dalam APBD 2016 sebagian sudah diperbaiki. “Kami memantau perbaikan jalan yang bisa digunakan untuk arus mudik lebaran,” ujar
Ketua komisi C DPRD Sidoarjo Achmad Amir Aslichin.

Dari pantauan di lapangan itu, pengerjaan peninggian dan pelebaran jalan yang dikerjakan Dinas PU Bina Marga, ada yang bisa diselesaikan sebelum lebaran. Ada juga yang kemungkinan besar belum bisa dituntaskan sebelum lebaran.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Ada lima ruas jalan yang kemungkinan belum bisa diselesaikan sebelum lebaran diantaranya Kepunten-Tulangan, Telasih-Kepunten, Kalanganyar-segorotambak.
Juga ruas jalan Segorotambak-Tambakoso, Prasung-Dukuh tengah.

“Bila tidak bisa diselesaikan sebelum lebaran, maka jalan harus sudah bisa dilalui tanpa ada kondisi lahan , material maupun peralatan yg bisa membahayakan pengguna jalan,” harap Aslichin.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

Sedangkan ruas jalan yang kemungkinan besar bisa diselesaikan sebelum lebaran, seperti ruas segodobacang-Temu Tarik, dan ruas Sruni-Gemurung Gedangan.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir Sigit Setwanan MT, mengatakan pihaknya mengevaluasi jalan-jalan menjelang arus mudik lebaran. Jalan itu diantaranya seperti ruas Porong-Krembung, Krembung-Bulang, Bulang-Prambon, dan Gedangan-Betro.

Ruas jalan ini dievaluasi memang selama ini kerap dilalui pemudik karena sebagai jalur alternatif menuju Mojokerto dan Malang.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

”Kini proses lelang untuk peningkatan jalan tengah berlangsung, sehingga ruas-ruas jalan itu ditangani dengan pekerjaan pemeliharaan, agar nantinya saat mudik dan balik bisa segera dalam kondisi baik,” jelas Sigit.

Penanganan perbaikan jalan rusak harus segera dilakukan agar kondisinya baik untuk arus mudik dan balik Lebaran. Maka solusinya bisa ditangani dengan pekerjaan pemeliharaan secara swakelola.(st-12)