SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Komisi A Dorong Transparansi Assessment Center Tentukan Kenaikan Pangkat ASN

 

Mochamad Sochib Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Komisi A DPRD Sidoarjo terus mendorong peningkatan kinerja dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Sidoarjo. Salah satunya Progam Assessment Center yang harus transparan bagi ASN.

Mochamad Sochib Anggota Komisi A menyampaikan bahwa, Assessment Center ini merupakan salah satu tolak ukur kenaikan pangkat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Selama ini, tingkat transparansi masih rendah. Tidak semua ASN yang dapat mengakses,” Katanya saat dikonfirmasi di Gedung DPRD Sidoarjo, 23 November 2020.

BACA JUGA :  Pelaku UKM di Tanggulangin Mulai Urus Persyaratan Pengajuan BPUM

Lebih lanjut, Ketua Fraksi NasDem-Demokrat itu menambahkan, jika pengelolaan assessment center dapat diakses oleh orang tertentu, maka sangat rawan terjadinya penyelewengan dalam penentuan kenaikan pangkat.

“Jika Assessment Center sudah dikelola dengan transparan, maka maka ASN dapat saling mengerti dan memberi masukan. Apakah memang layak naik jabatan atau belum,” ungkap Cak Sochib panggilan akrabnya.

Hal senada juga disampaikan Haris Wakil Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, berharap adanya pemetaan potensi pegawai yang dikerjakan bertahap dengan record yang jelas. Sehingga transparansi dalam tubuh ASN dapat tercapai dengan baik.

BACA JUGA :  Menteri Perdagangan Lepas Ekspor Furniture PT Integra Indocabinet Tbk Sidoarjo ke Amerika Serikat

“Sangat disayangkan jika, ada ASN yang sebenarnya memiliki kinerja baik namun karena terhambat oleh oknum sehingga tidak bisa naik jabatan,” ucapnya.

“Penilaian kinerja ASN yang baik dan transparan tentu akan memacu kinerja ASN juga. Sehingga roda pemerintahan juga akan berjalan dengan baik,” tambah Politisi PAN itu.

Rekomendasi itu oleh Komisi A juga telah di sampaikan kepada Badan Anggaran. Sebagaimana menjadi salah satu pertimbangan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 yang kini tengah digodok DPRD bersama Pemkab Sidoarjo.

BACA JUGA :  Forkopimka Tanggulangin Gelar Rakor Bahas Penanganan Covid-19 di Wilayahnya

Pembahasan itu juga telah melalui beberapa tahapan, mulai dari kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) dan paripurna pandangan Fraksi-Fraksi yang duduk di DPRD Sidoarjo (pung/cles).