SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Kodim 0816 Sidoarjo Wujudkan Masyarakat Berbudi Pekerti Melalui Kampung Pancasila

 

(SIDOARJOterkini) – Kodim 0816 Sidoarjo menggelar lomba kampung Pancasila yang diadakan di setiap Kecamatan wilayah Kabupaten Sidoarjo. Tiap Kecamatan menunjuk salah satu desa yang dianggap memenuhi syarat untuk diikutkan lomba Kampung Pancasila.

Tim Penilai Kampung Pancasila terdiri dari 2 Tim penilai yang meliputi Tim A dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 0816/Sidoarjo beserta anggota dan Tim B dipimpin oleh Pasi Ter Kodim 0816/Sidoarjo beserta anggota.

Adapun yang masuk dalam penilaian lomba Kampung pancasila diantaranya pemahaman masyarakat tentang arti dan makna Pancasila. Termasuk sikap toleransi yang tinggi antar keragaman budaya dan agama yang hidup berdampingan secara damai dan rukun.

Untuk tim Penilai A akan melakukan penilaian di Kecamatan Buduran, Sidoarjo Kota, Candi, Tanggulangin dan Jabon. Sedangkan Tim B diarahkan ke wilayah-wilayah antara lain Kecamatan Porong, Tulangan, Krembung, Wonoayu dan Sukodono.

Kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat RT, RW, hingga paguyuban-paguyuban kemasyarakatan, ormas dan tokoh adat dari wilayah tersebut.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Kepala Staf Kodim 0816/Sidoarjo Mayor Chb Suprianto selaku ketua tim menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan turut menyukseskan lomba Kampung Pancasila.

“Yang harus kita ingat dan pahami, Pancasila sebagai dasar negara harus dijunjung setinggi-tingginya dan harus mengamalkan pada kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat,”ungkap Mayor Chb Suprianto, Senin 14 Maret 2022.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan

Ditambahkannya, pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan dapat ditunjukkan dengan saling toleransi umat beragama, gotong royong, Saling membantu baik keamanan maupun bersih-bersih setelah perayaan serta berbagai hal lain yang bersifat mendukung toleransi.

“Untuk itulah lomba Kampung Pancasila digelar, bertujuan untuk menegakkan nilai nilai Pancasila sebagai pedoman Rakyat Indonesia, sebagai contoh penerapan Nilai luhur Pancasila, salah satunya sikap toleransi antar umat beragama dengan berdampingan hidup secara damai tanpa konflik serta memiliki nilai toleransi agama yang tinggi. Kerukunan umat beragama di Kampung Pancasila terbukti dari rumah ibadah yang letaknya saling berdekatan. Meski berada dalam satu area, masyarakat di kampung tersebut tetap menghargai agama masing-masing.” Tutur Mayor Chb Suprianto.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Jenguk Balita Tanpa Anus dan Pengidap Down Syndrome di Wilayut Sukodono

Sementara itu Pasi Ter Kodim 0816 Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri menyampaikan, Partisipasi dari Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan didukung oleh elemen masyarakat memiliki peran penting untuk mendukung dan melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. Menciptakan kerukunan terhadap umat beragama. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Jadi, Marilah kita bersama-sama peduli dan mengamalkan Pancasila yang dilakukan masyarakat bisa menjadi contoh yang sangat bagus dan menjadikan masyarakat bernilai luhur Budi pekerti.” Pungkas Pasi Ter. (cles)