SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Kodim 0816  Buat Pilot Project Tanaman Padi di Rejeni Krembung

(SIDOARJOterkini) –  Kodim 0816 Sidoarjo melakukan pendampingan terhadap petani sebagai wujud pembinaan ketahanan pangan tahun 2021 demi tercapainya swasembada pangan.

Kodim 0816 Sidoarjo telah bekerjasama dengan petani padi yang berada di Desa Rejeni Kecamatan  Krembung Kabupaten Sidoarjo dengan membuat model/pilot project tanaman padi seluas  2,1 Ha

Bintara Tinggi Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo Serma Sutrisno mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap para petani yang akan melaksanakan panen padi di wilayah Kecamatan Krembung. Dan memastikan panen padi yang akan dilakukan bulan Juni aman dari serangan berbagai hama.

“Kita harus pantau agar hasil panen bisa melimpah untuk memenuhi kebutuhan stok beras Kabupaten Sidoarjo,”tegas Serma Sutrisno, Selasa 15 Juni 2021.

BACA JUGA :  Pengedar Sabu Asal Kemasan Krian Diringkus Polisi Saat Bertransaksi

Dijelaskan Serma Sutrisno, upaya Khusus yang dilakukan oleh para Babinsa diwilayah dalam melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus.

“Apalagi pandemi Covid-19 yang melanda hampir diseluruh belahan dunia sehingga kebutuhan pangan tentunya akan semakin meningkat,”ucapnya.

BACA JUGA :  Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Watugolong Krian Ludes Terbakar

Dirinya menyebut, ada lahan seluas 2,1 hektar yang ditanami padi berada di Desa Rejeni Krembung  yang telah dijadikan Kodim 0816 sebagai Pilot projects.

“Rencananya tanaman padi akan bisa segera dipanen dalam Minggu – Minggu ini,”tuturnya.

Tujuan pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0816 Sidoarjo diantaranya untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

BACA JUGA :  Kejar Herd Imunity, Wabup Subandi Tinjau Vaksinasi di Desa Sedati Agung

“Selain padi Kodim 0816 Sidoarjo juga telah membuat tanaman pangan seperti halnya tanaman sayur mayur dengan mengunakan metode hidroponik dan tanaman dalam polybag, dari sini masyarakat bisa mengoptimalkan lahan dengan hasil maksimal di tengah pandemi,”tukasnya.(cles)