SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Ketimpangan Ekonomi Pemicu Disintegrasi Bangsa

image

*Anggota DPR/MPR Sungkono Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

(GEDANGANterkini)- Ketimpangan ekonomi menjadi salah satu penyebab disintegrasi bangsa. Hal ini diungkapkan anggota DPR/MPR RI Sungkono dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di gedung LDII, Sruni, Gedangan, Sabtu (25/4/2015)

Anggota Fraksi PAN DPR tersebut menambahkan, ketimpangan ekonomi yang membuat kebersamaan mulai pudar. “Kalau dilihat saat ini perekonomian di Indonesia di dominasi oleh sekitar 300 orang kaya,” ujar Sungkono.

BACA JUGA :  Ketua KPK RI Didampingi Bupati Sidoarjo Tinjau Vaksinasi di Umaha Taman

Ketimpangan ekonomi inilah yang membuat empati bermasyarakat mulai menurun. “Kalau terus dibiarkan akan berdampak pada disintegrasi bangsa,” ujar politisi asal Sidoarjo tersebut.

Secara umum, lanjut Sungkono pemahaman masyarakat akan wawasan kebangsaan mulai menurun. Padahal, background wilayah Indonesia yang memiliki berbagai perbedaan ras, suku, bahasa dan Agama, jika tidak diimbangi dengan pemahaman empat pilar kebangsaan akan menimbulkan konflik.

Melihat kondisi seperti ini, sebagai wakil rakyat  memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembenahan secara bertahap. Hal inilah yang saat ini menjadi fokus MPR RI.

BACA JUGA :  Apel Gelar Pasukan, Sidoarjo Siaga Terjadinya Bencana

Anggota MPR memiliki peran besar dalam membangun bangsa Indonesia. Jika empat pilar wawasan kebangsaan ini tidak disosialisasikan secara terus menerus, dikhawatirkan anak cucu kita di masa mendatang, hanya akan tahu Pancasila melalui gambar belaka. Namun, nilai-nilai yang berada pada sila pancasila akan pudar.

Dengan wawasan kebangsaan yang kuat, maka persatuan Indonesia akan semakin kuat. “Tugas kita mensosialisasikan empat pilar kebangsaan,” tandas mantan anggota DPRD Sidoarjo dua periode tersebut.

BACA JUGA :  Pengeroyokan Pemuda Nganjuk di GOR Sidoarjo Hingga Tewas Bermotif Cemburu

Dalam kegiatan sosialisasi yang digelar anggota DPR RI Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) itu dihadiri seratus lebih undangan. Mereka juga mendapatkan pengetahuan dari DR M.Islam MSi dosen Fisip Unmuh Sidoarjo, tentang penjabaran empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. (st-12)