SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Kepala BPPD Sidoarjo Raih Inotek Award 2021 Melalui Inovasi SIPPADU 2.0

Kepala BPPD Kabupaten Sidoarjo Ari Suryono saat menerima penghargaan pada Ajang Inotek Award

(SIDOARJOterkiniO) – Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo Ari Suryono mendapatkan penghargaan Inovasi Daerah dan Inovasi Teknologi (Inotek Award) dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan Inotek Award 2021 tersebut diserahkan Sjaichul Ghulam Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jawa Timur kepada Ari Suryono Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, di Kantor Balitbang Provinsi Jawa Timur, Jalan Gayung Kebonsari 56 Surabaya, Senin 29 November 2021.

Ari Suryono menerima Inotek Award 2021 dengan predikat Terinovatif I kategori Inovasi Daerah. Penghargaan ini diraih Ari Suryono sebagai arsitek Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) 2.0.

Saat penilaian Inotek Award 2021, Ari Suryono merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo.

“Kami berharap inovasi SIPPADU.20 terus menjadi inovasi yang unggul. Dan tentu saja bisa melayani secara maksimal dan yang terbaik bagi masyarakat,” cetus Ari Suryono.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil Taman Himbau Warga Terapkan Prokes

Perlu diketahui, aplikasi layanan SIPPADU telah dikembangkan sejak tahun 2011 dan terus berproses dalam beberapa fase. SIPPADU pada mulanya hanya aplikasi pemroses perizinan yang awal mula menjadi rintisan perizinan secara online.

Dimana form-form isian yang telah di isi kemudian diupload melalui sistem, sesederhana hanya merubah berkas pendaftaran yang semula diserahkan secara manual dipindahkan dalam bentuk scan yang diunggah.

Kemudian berkembang lagi dengan beberapa tambahan dalam aplikasinya. Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Online Singgle Submission (Perizinan Berbasis Online), SIPPADU pun tetap dikembangkan menjadi aplikasi pemroses izin persetujuan izin komitmen sebagai pendukung OSS (aktivasi izin yang dikeluarkan OSS).

BACA JUGA :  Pelaku UMKM Sidoarjo Deklarasi Dukung Ketum PKB Muhaimin Iskandar Sebagai Capres 2024

Masa pandemi Covid 19, SIPPADU berkembang menjadi SIPPADU 2.0, dimana merubah bentuk layanan secara keseluruhan terhadap aktivitas yang tadinya masih dilakukan secara manual dan tatap muka, sepenuhnya dialihkan menjadi layanan secara aplikasi dan layanan virtual.

Inotek Award tahun 2021 merupakan sinergitas program kegiatan dan diarahkan untuk melaksanakan inovasi yang paripurna baik dalam inisiasi, uji coba dan penerapan serta pemberian penghargaan kepada para aktor dengan mengkolaborasikan ikon program Kepala Daerah.

Diantaranya adalah Belanja Inovasi atau juga disebut BELANOVA dan fasilitasi perolehan HKI melaui aplikasi e-Niki Bang atau elektronik Klinik Kekayaan Intelektual Balitbang dan apabila memungkinkan hasil dari Inotek Ini akan kita bantu kembangkan melalui kegiatan inkubasi.

BACA JUGA :  31 Paket Sabu Gagal Diselundupkan Dalam Lapas Tulungagung

Selain kolaborasi ikon program Jawa Timur, Inotek Award

Inotek Award juga dilakukan dalam rangka sinergitas program dan kegiatan pusat dan daerah, provinsi dan kabupaten serta kota terutama dalam Innovative Government Award (IGA).

Selain kolaborasi ikon program Jawa Timur, Inotek Award juga dilakukan dalam rangka sinergitas program dan kegiatan pusat dan daerah, provinsi dan kabupaten serta kota terutama dalam Innovative Government Award (IGA).

Selain SIPPADU 2.0, inovasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja) juga meraih Inotek Award 2021 predikat Terinovatif I kategori Inovasi Daerah, yang diberikan kepada Sekda Sidoarjo Achmad Zaini. (st-12/cles)