SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Karyawan Maspion Demo, Jalan Sidoarjo-Waru Lumpuh

Karyawan Maspion saat demo membuat jalan Sidoarjo-Waru macet
Karyawan Maspion saat demo membuat jalan Sidoarjo-Waru macet

(GEDANGANterkini) – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Indonesia (FSBI) melakukan demo di depan Pabrik Maspion I, Jalan Raya Sawo Tratap, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Kamis (17-03-2016).

Dalam aksinya, ratusan buruh ini menuntut tiga hal. Yakni, upah layak, program BPJS dan cuti karyawan.

BACA JUGA :  Dandim 0816/Sidoarjo Imbau Kesadaran Anggota Militer dan PNS Dalam Mengamankan Wilayah

Menurut Bianto, Pimpinan Pusat FSBI Jawa Timur mengatakan, pihaknya mengetahui bahwa upah yang diterima oleh karyawan Maspion tidak sesuai atau jauh dari upah minimum Kabupaten.

“Upah yang diberikan kepada kawan-kawan maspion hanya 2.200.000. Sedangkan ketentuan pakde karwo yakni 3.040.000, itu menurut kami sangat jauh dari upah minimum Kabupaten,” Terangnya.

BACA JUGA :  Perkembangan Terkini Pencarian Bapak dan Balitanya yang Tenggelam di Sungai Mas Banjar Pertapan Taman

Oleh sebab itu, lanjut Bianto, dalam aksi ini selain menuntut upah layak, dirinya juga menuntut program BPJS. Karena, selama ini pihak maspion hanya menjalankan dua program saja. Padahal BPJS itu sendiri terdapat empat program.

“Kami menuntut, kami minta agar pihak maspion menjalankan program-program BPJS sesuai dengan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku,” Tambahnya.

BACA JUGA :  Jasad Bapak Anak yang Tenggelam di Sungai Mas Banjar Pertapan Taman Berhasil Ditemukan

Sementara itu, dalam aksi yang digelar oleh ratusan buruh didepan PT Maspion ini membuat arus lalu lintas dua arah dijalan raya Sawo Tratap mengalami kemacetan hingga 7 kilometer. (alf)