SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Kanwil DJP Jatim II dan PT Pos Indonesia Tingkatkan Kerjasama Penggalian Potensi Pajak

 

Kakanwil DJP Jatim II Lusiani (tengah) saat menerima kunjungan PT Pos Indonesia

(SIDOARJOterkini) – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur II Lusiani menerima kunjungan dari Executive Vice President Kantor Pos Regional 5 (Jatim-Bali-Nusra) Kiagus Muhammad Amran beserta Tim di Ruang Rapat Kanwil DJP Jawa Timur II, Jalan Raya Juanda No. 37 Sidoarjo pada Selasa 24 Agustus 2021.

Kunjungan Kiagus Muhammad Amran bersama Deputy Executive Vice President Kantor Pos Regional 5 (Jatim-Bali-Nusra) Agus Aribowo, dan Kepala Kantor Pos Sidoarjo Julian Pradipta ke Kanwil DJP Jatim II tersebut membahas kerja sama dalam layanan pengiriman dokumen, Bea Meterai, jasa keuangan, dan juga jasa pengiriman barang.

Kakanwil DJP Jatim II Lusiani mengungkapkan, PT Pos Indonesia (Persero) selaku pengelola dan penjual benda meterai atau meterai tempel diharapkan concern melakukan pencegahan tindakan pemalsuan meterai.

BACA JUGA :  Seorang Guru di Waru Tewas Tersambar Kereta Api di Depan Sekolahan Tempatnya Mengajar

“Pengawasan dan Pencegahan tindak Pemalsuan meterai harus dilakukan,”ungkap Lusiani yang pada kesempatan tersebut didampingi Kabid P2 Humas Takari Yoedaniwati, Kabid PEP Suprapto, Kabid DP3 Basuki Prijono serta Kabag Umum Ahmad Fudoli.

Dijelaskan Lusiani, Bea Meterai merupakan pajak atas dokumen yang menjadi salah satu sumber penerimaan negara yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan.

BACA JUGA :  Bupati Gus Muhdlor : Manfaatkan Long Storage Kalimati Tarik Jadi  Destinasi Wisata Air

“Tindakan pemalsuan meterai dapat merugikan keuangan negara,”tegasnya.

Selanjutnya, PT Pos Indonesia (Persero) menjelaskan tentang inovasi di bidang produk, sarana dan prasarana, sistem, serta aplikasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maupun penerimaan PT Pos Indonesia (Persero).

Sementara itu Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jatim II juga menjelaskan proses bisnis dan permasalahan yang ada di Direktorat Jenderal Pajak yang ternyata akan menjadi bagian solusi yang bernilai tambah bila dilakukan sinergi dari kedua belah pihak.

BACA JUGA :  Dihadiri Menko PMK, DJP Jatim II Kenalkan Pajak di Forum Ta'aruf Mahasiswa

Meskipun singkat, pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan peluang kerja sama atara PT Pos Indonesia (Persero) dan Kanwil DJP Jatim II yang diharapkan dapat memberikan dampak terhadap kinerja masing-masing baik berupa sosialisasi, penggalian potensi pajak khususnya bea meterai, kegiatan geotagging, dan bentuk kerja sama lainnya.(st-12/cles).