SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Kampung Pancasila Rangkah Kidul Wujudkan Desa Damai dengan Keberagaman Suku, Agama dan Ras

 

Sambutan Meriah warga kepada Tim Penilai Lomba Kampung Pancasila dari Korem 084 BJ saat tiba di Desa Rangkah Kidul

(SIDOARJOterkini) – Warga Desa Rangkah Kidul menyambut dengan antusias kedatangan Tim Penilai Lomba Kampung Pancasila dari Korem 084 / BJ yang dipimpin Mayor Inf Budi Hermanto saat melakukan penilaian di desa tersebut, Rabu 23 Maret 2022.

Keberagaman suku agama dan budaya yang ada di Desa Rangkah Kidul ditunjukkan kepada tim penilai lomba. Selain itu kekompakan, sikap toleransi, saling menghormati juga gotong royong ditunjukkan oleh warga.

Tampak warga desa menampilkan berbagai atraksi kesenian, Kesenian dan bela diri dari Pagar Nusa, ditambah lagi anak- anak TK dan SD dengan suara yang lantang dan penuh semangat, yang tentu saja membuat bangga tim penilai Lomba Kampung Pancasila itu.

Kepala Desa Rangkah Kidul H. Warlheiyono
mengucapkan Selamat Datang kepada Tim penilai dari Korem 084/BJ. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan lomba Kampung Pancasila.

“Sampai saat ini hubungan kerja sama antara anggota TNI dan warga desa telah terjalin dengan baik serta mampu menumbuhkan kembali gotong royong warga dengan aparat pemerintah setempat.” tutur Warlheiyono.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Monitoring Penetapan DPS Pilkades Penatarsewu

Dijelaskan Kepala Desa Rangkah Kidul, pada kesempatan ini, pihaknya ingin membuktikan meski warga desa yang terdiri dari berbagai agama, suku dan ras namun tetap guyub rukun hidup berdampingan, saling bertoleransi antar warga.

“Kerukunan antar umat beragama dengan saling menghargai antar warga menumbuhkan kerukunan yang tinggi, serta mengutamakan kepentingan bersama dan gotong royong,”ucapnya.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Selain itu lanjut Warlheyono, Desa Rangkah Kidul juga menampilkan kerajinan dan makanan produk UMKM yang dibuat sendiri oleh ibu-ibu PKK.

“Kami juga menghadirkan perwakilan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk membangun kerukunan, keharmonisan, rasa saling menghargai dan menghormati, membina kebersamaan ditengah masyarakat.” Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Chb Suprianto menyampaikan, penerapan nilai luhur Pancasila telah dilakukan di Desa Rangkah Kidul, salah satunya sikap toleransi antar umat beragama, hidup berdampingan secara damai.

“Kerukunan umat beragama di Kampung Pancasila ini sangat terlihat, berbagai rumah ibadah yang letaknya berdekatan namun rasa saling menghormati dan menghargai antar warga sangat tinggi,”ujar Mayor Chb Suprianto.

BACA JUGA :  Kanwil DJP Jatim II Gencar Sosialisasikan PPS

Sementara itu tim penilai dari Korem 084/BJ Mayor Inf Budi Hermanto, mengapresiasi warga Desa Rangkah Kidul yang sudah menyambut tim penilai dengan sangat meriah. Tim penilai akan melakukan penilaian terkait penerapan dalam kehidupan sehari-hari warga dalam mengamalkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kami berharap mudah – mudahan dengan adanya Kampung Pancasila bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan seluruh kegiatan ke dalam nilai-nilai Pancasila. Semoga dapat membuat masyarakat khususnya generasi muda menyadari bahwa pentingnya menerapkan Pancasila dapat menciptakan bangsa yang Makmur, aman dan sentosa.” Tutur Mayor Inf Budi Hermanto. (cles)