SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Kakanwil DJP Jatim II : Kesadaran Taat Pajak Merupakan Wujud Bela Negara

(SIDOARJOterkini) – Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur II bersama Kantor
Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo mengadakan kegiatan Pajak Bertutur (Patur) 2021 dengan tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara” secara daring melalui aplikasi zoom di Aula Kanwil DJP Jawa Timur II, Sidoarjo, Rabu 25 Agustus 2021.

Kegiatan Patur 2021 dilaksanakan secara serentak oleh seluruh unit kerja di Direktorat Jenderal Pajak. Dalam pelaksanaan Patur tahun ini Kanwil DJP Jatim II dan KPP Madya Sidoarjo bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Rektor Umsida Hidayatulloh, Direktur Akademik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Evi Rinata, Ketua Tax Center Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Sarwenda Biduri, serta para Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ini dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJP Jatim II Lusiani.

Sekitar 135 mahasiswa Umsida yang menjadi peserta Patur juga turut menyimak sambutan dari Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dalam sesi Menteri Menyapa yang disiarkan secara langsung oleh Kantor Pusat DJP melalui akun Youtube Ditjen Pajak RI.

BACA JUGA :  Akhir Pekan, Polresta Sidoarjo Hadirkan Vaksinasi Covid-19 Jemput Bola

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan pentingnya peranan pajak bagi bangsa dan
negara. Oleh karena itu, edukasi, sosialisasi, dan pemahaman mengenai pajak harus
dilakukan bahkan sejak dini.

“Seharusnya pendidikan mengenai ketatanegaraan, kewarganegaraan atau kecintaan terhadap negara kita sendiri harus dalam satu nafas dengan kewajiban untuk membayar pajak. Karena itu adalah bentuk bernegara yang paling konsisten dan paling mampu untuk menjaga kepentingan bersama,” ujar Sri Mulyani.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan, Lusiani dalam sambutannya menuturkan bahwa generasi muda nantinya akan menjadi tulang punggung pembangunan Indonesia. Di masa mendatang, mereka akan menjadi wajib pajak yang berkontribusi bagi penerimaan negara. Untuk itulah kesadaran pajak harus dipupuk sejak dini.

BACA JUGA :  Seorang Guru di Waru Tewas Tersambar Kereta Api di Depan Sekolahan Tempatnya Mengajar

“Kesadaran pajak dari generasi muda ini adalah salah satu bentuk bela negara di masa sekarang. Bukan lagi dengan senjata maupun perlawanan, tapi bentuk bela negara dengan sadar akan pentingnya pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan negeri pada saat nanti memasuki dunia kerja atau dunia usaha,” ujar Lusiani.

Sementara itu, Rektor Umsida Hidayatulloh yang juga memberikan sambutan
menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kanwil DJP Jawa Timur II atas kerja sama di dalam pelaksanaan program inklusi kesadaran pajak bagi mahasiswa. Program inklusi kesadaran pajak telah diterapkan di Umsida sejak tahun 2018 dengan melibatkan para dosen pengampu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU). Hingga tahun 2021 sudah ada 16 dosen yang berperan aktif dalam program inklusi ini.

BACA JUGA :  Bupati Gus Muhdlor : Manfaatkan Long Storage Kalimati Tarik Jadi  Destinasi Wisata Air

Pada kegiatan Patur 2021 ini Kanwil DJP Jawa Timur II menyampaikan penghargaan (Edutax Award) kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo atas dukungan dalam implementasi inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan tinggi. Penghargaan serupa juga diberikan kepada 16 dosen yang telah berkontribusi aktif sebagai Dosen Mitra Inklusi Kesadaran Pajak.

Kegiatan Patur ini disiarkan secara live streaming melalui akun Youtube Kanwil DJP Jawa Timur II dan dimeriahkan dengan berbagai game menarik serta pengumuman pemenang lomba TikTok bertema pajak yang diikuti oleh para mahasiwa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yang sekaligus menjadi penutup rangkaian acara Pajak Bertutur 2021 Kanwil DJP Jawa Timur II. (st-12/cles)