SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

KA Jenggala Sidoarjo-Mojokerto, Murah, Nyaman Tapi Sepi Penumpang

image

Penumpang KA Komuter Jenggolo tampak santai. Banyak kursi yang belum terisi.

(SIDOARJOterkini)- Kereta Api (KA) Jenggolo merupakan kereta komuter jurusan Sidoarjo-Mojokerto yang sudah dioperasikan beberapa bulan ini. Namun, kereta dengan tarif Rp 4000 sekali jalan itu masih sepi penumpang.

Treeeeet…suara bel kereta berbunyi di Stasiun KA Kota Sidoarjo. KA Jenggolo dari Mojokerto-Sidoarjo tiba sekitar pukul 06.10 WIB.

Hanya tampak puluhan penumpang saja yang turun. Demikian pula penumpang yang naik juga tak kalah banyak.

Sekitar pukul 06.30 WIB KA kembali menuju ke Mojokerto, melewati Stasiun Tulangan dan Tarik, terakhir di Stasiun Mojokerto.

Kursi penumpang masih banyak yang kosong. Padahal, cabin tampak bersih dan dingin karena ber-AC.

Bantalan kursi tempat duduk juga dibalut kulit warna coklat. “Setiap hari KA Jenggala ya seperti ini, padahal nyaman dan murah,” ujar Abdul, salah satu penumpang.

Sebenarnya KA Komuter Jenggolo bisa dijadikan alat transportasi baru dari Sidoarjo-Mojokerto dan sebaliknya. Jarak tempuh juga relatif singkat dan kita bisa duduk santai.

Namun, kenapa KA se-nyaman Jenggolo masih kurang diminati. Mungkin warga masih terbiasa naik motor ke Mojokerto dan sebaliknya ke Sidoarjo. “Sayang sudah diberi alat transportasi nyaman dan murah tapi belum dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandas salah satu petugas KA Jenggolo.(st-12)