SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Juri Lomba Kampung Pancasila Kodim Sidoarjo, Kunjungi Desa Punggul Gedangan

 

Dandim Gedangan Kapten Inf Parlan saat memberi sambutan

(SIDOARJOterkini) – Tim penilai Lomba Kampung Pancasila dari Kodim 0816 Sidoarjo mengunjungi Desa Punggul Kecamatan Gedangan, Rabu 16 Maret 2022.

Kepala Tim Penilai Pasiter Kodim Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri beserta rombongan disambut Danramil Gedangan Kapten Inf Parlan dan Kepala Desa Punggul Fathur Rahman serta Babinsa, Tokoh Masyarakat, di Pendopo desa setempat.

Kepala Desa Punggul Fathur Rahman dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tim penilai dari Kodim Sidoarjo yang hadir di desa Punggul, untuk melakukan penilaian terkait pemahaman dan pengamalan Pancasila oleh warga desanya.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

“Sejauh ini warga Punggul dengan beraneka ragam agama dan budaya hidup berdampingan dengan rukun menjunjung toleransi yang merupakan pengamalan nilai luhur Pancasila,”ucapnya.

Dikatakannya, peran Babinsa bersama seluruh elemen masyarakat sangat penting dalam membantu Kampung Pancasila di Desa Punggul.

“Dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila akan terwujud sebuah harmonisasi berkehidupan diantara warga,”ujarnya.

Danramil Gedangan Kapten Inf Parlan menyampaikan terima kasih kepada Kepala desa Punggul dan warganya yang telah membantu kesiapan dalam terbentuknya kampung Pancasila.

“Program Kampung Pancasila di Desa Punggul merupakan program dari satuan atas,”tegasnya.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Diungkapkan Danramil Gedangan, berbagai persiapan dalam membentuk Kampung Pancasila dilakukan, mulai dari pembagian buku pedoman P4 yang merupakan dasar pedoman kehidupan sehari-hari.

“Dengan begitu, warga menjadi paham nilai Pancasila dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,”ucap Kapt Inf Parlan.

Sementara itu Kepala Tim penilai Pasiter Kodim Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri menyatakan, penilaian Kampung Pancasila merupakan perintah dari Kasad, yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

“Menang atau kalah jangan menjadi beban, esensinya agar kita mengingat kembali nilai Pancasila,”ungkap Kapten Chb Kamsuri.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan

Dijelaskannya, wilayah Kabupaten Sidoarjo terdiri atas 18 Kecamatan, 1 Desa akan mewakili 1 kecamatan untuk lomba Kampung Pancasila.

Pada prinsipnya lomba Kampung Pancasila bertujuan untuk mengingatkan masyarakat kembali tentang Pancasila yang merupakan ideologi dasar negara. Sasarannya adalah kaum milenial dan seluruh warga.

“Nilai luhur Pancasila harus kembali kita pupuk seperti kehidupan gotong royong, saling menghargai aspirasi dan bertoleransi,”pungkasnya (cles)