SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Jual Satwa Liar Di Lindungi, Warga Karang Pilang Diamankan Petugas BPPHLHK

aa

(SEDATIterkini) – Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara berhasil mengamankan tersangka RAG warga Perumahan Gunungsari Indah, Blok WW/31, Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, saat melakukan transaksi jual beli satwa liar yang dilindungi berupa Lutung Jawa dan Kukang Jawa dirumahnya.

Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, Beni Bastiyawan mengatakan, ketika petugas mendapati seorang menjual hewan yang dilindungi tersebut melalui jual beli online, petugas berpura-pura sebagai pembeli. “Modus tersangka yakni menjualnya dengan cara melalui media social,” ucap Beni Bastiyawan, Kamis (04/08/2016).

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Tlasih

Ketika mendatangi rumah tersangka, petugas gabungan meliputi Animal Indonesia, BKSDA, Balai Besar dan Polsek Wiyung berhasil mengamankan dua ekor Lutung Jawa dan empat Kukang Jawa. Satu Lutung dalam kondisi lemah, satu sehat dan empat kukang jawa masih Terlihat Sehat. “Satwa ini termasuk dalam katagori satwa langka yang dilindungi dan tidak boleh diperjual belikan serta dipelihara,” terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Lepas 53 Kafilah MTQ ke-30 Jatim 2023

Tersangka mendapatkan satwa liar yang dilindungi ini, lanjut beni, didapatkan dari hutan liar dikawasan Jember dan kawasan-kawasan lindung lainnya. Karena anak Lutung Jawa ini masih dalam kondisi lemah, pihaknya akan merehabilitasi terlebih dahulu untuk kemudian dilepas ke habitatnya. “Nanti kalau Khusus untuk lutung yang masih lemah, kita rehabilitasi, kemudian kita lepas ke hutan liar,” tegasnya.

BACA JUGA :  Refleksi Maulid Nabi, WBP Rutan Perempuan Surabaya Teladani Akhlak Rasulullah

Sementara itu, harga Lutung Jawa dipasaran dibandrol dengan harga Rp 400 Ribu. Sedangkan Kukang dibandrol dengan harga Rp 450 Ribu. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 21 ayat (2) huruf a Jo. Pasal 40 ayat (2) Undang-undang nomor: 733/Ktps-II/1999 tentang penetapan Lutung jawa sebagai satwa yang dilindungi. “Tersangka kita jerat dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 100.000.000 juta rupiah,” pungkasnya.(alf)