SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Jokowi: Uang Korban Lumpur Buat Beli Rumah dan Tanah

image

      Presiden RI Joko Widodo

(PORONGterkini)-Presiden Joko Widodo minta warga korban lumpur agar menggunakan uang pelunasan ganti rugi sebagaimana mestinya. Hal ini disampaikan saat bertemu korban lumpur di tanggul titik 25, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Selasa (25/8/2015).

Pertemuan Jokowi dengan korban lumpur, merupakan yang pertamakalinya sejak dia menjadi presiden. Saat kampanye pilpres, mantan Walikota Solo ini menemui korban lumpur.

Jokowi meminta agar warga berhati-hati setelah menerima pelunasan. Warga jangan sampai terjebak dalam konsumerisme dan menggunakan uang itu untuk hal yang produktif.

Jokowi bertanya kepasa warga korban lumpur berapa mereka mendapat pelunasan. Kalau dirata-rata mendapat Rp 300 juta. “Rp 300 juta tidak sedikit, pergunakan sebaik-baiknya,” pinta Presiden RI ke 7 itu.

BACA JUGA :  Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Tiang Listrik hingga Terguling di Jalan Trosobo Taman

Jokowi menyentil kebiasaan masyarakat jika pegang uang banyak kepingin mobil baru, handphone baru. Kebiasaan itu harus direm.

Uang ganti rugi harus dibelikan tanah dan rumah untuk masa depan. Jangan melihat tetangganya beli mobil, jadi ingin beli.

BACA JUGA :  Ajak UKM Bangkit dari Pandemi, Alfamart dan Nestlé Gelar Festival UKM Sabang-Merauke

Pada kesempatan itu, Jokowi mengucapkan permohonan maaf proses pelunasan ini membutuhkan waktu yang panjang. Dia berdalih, dana ganti rugi merupakan uang negara yang jumlahnya tidak sedikit.

Belum lagi anggaran itu harus ada persetujuan dari DPR.
“Kalau ada satu dua yang bermasalah, sabar. Nanti akan diselesaikan,” harap Jokowi.

Setelah memberi arahan, Jokowi langsung berpamitan kepada warga. Rombongan presiden langsung meluncur ke Trenggalek.

Sebelum meninggalkan tempat, Jokowi mendatangi tenda warga. Dia menyalami warga yang sejak pagi sudah menunggu-nunggu kedatangan presidennya.

BACA JUGA :  Pemotor Patah Tangan, Usai Motor Yang Dikendarainya Diserempet Truk di Jalan Sidorejo Krian

Mahmudah, salah satu korban lumpur mengatakan jika kedatangan Presiden Jokowi akan tahu kondisi korban lumpur. “Tentunya kami berharap agar ganti rugi korban lumpur segera selesai,” ujarnya.

Jokowi datang didampingi Sekretaris Kabinet (Sekkab) Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadi Moeljono dan Gubernur Jatim Sukarwo.