SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Jepang Jajaki Kerjasama Pembangunan RS Sidoarjo Barat

Tim asal Jepang saat ditemui Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo dan Komisi D DPRD, di Aula Delta Karya, Pemkab Sidoarjo
Tim asal Jepang saat ditemui Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo dan Komisi D DPRD, di Aula Delta Karya, Pemkab Sidoarjo

IMG_20160829_112556

(SIDOARJOterkini)- Rencana Pemkab Sidoarjo membangun Rumah Sakit (RS) di wilayah barat dengan menggandeng swasta tampaknya akan disupport oleh pemerintah Jepang. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan perwakilan Jepang ke Sidoarjo, selama beberapa hari ini.

Lembaga pemerintah Jepang, JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) dan Toyo University, melihat langsung persiapan pembangunan RS yang direncanakan di wilayah Krian itu. Bukan hanya itu, tim yang dipimpin Sam Tabuchi, Direktur Asia Public Private Partnership (PPP) Toyo University ini, mengunjungi RSUD Sidoarjo, Puskesmas Krian, dan lahan yang bakal dibangun RS Sidoarjo barat di Krian. “Kunjungan tim dari Jepang ini sebagai penjajagan terkait bantuan yang akan diberikan untuk proyek RS Sidoarjo barat,” ujar Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Ari Suryono.

BACA JUGA :  Kodim 0816 Sidoarjo Gelar Pra TMMD ke 20 TA 2024

Ari Suryono menambahkan pemerintah Jepang melalui JICA tertarik memberikan bantuan terhadap rencana proyek RS Sidoarjo barat karena proyek itu akan dibangun dengan kerjasama swasta atau skema KPBU. Bentuk bantuan itu, nantinya tidak harus berupa dana, namun bisa berupa pendampingan untuk studi kelayakan proyek dimaksud.
IMG_20160829_112521
Selain tertarik membantu mewujudkan pembangunan RS kawasan Sidoarjo barat, kata Ari Suryono, pemerintah Jepang juga tertarik ikut andil dalam rencana Pemkab Sidoarjo membangun fasilitas pengolahan sampah terpadu. Tim asal Jepang berjumlah 12 orang ini, juga mengunjungi tempat pengolahan sampah di Kecamatan Jabon.

BACA JUGA :  Pemotor Asal Wage Tewas Terlindas Truk Trailer di Jalan Trosobo Taman
BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Anggota Koramil 0816/05 Tulangan Gelar Halal Bihalal

Tim JICA juga mendapat penjelasan dari Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, H. Usman terkait support dari dewan atas pembangunan rumah sakit wilayah barat. “Dewan menyupport penuh pembangunan rumah sakit wilayah barat. Bahkan, sudah disiapkan untuk lahan yang akan digunakan,” ujar Usman yang ikut menemui rombongan JICA di ruang Delta Karya, Pemkab Sidoarjo. (st-12)