SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Jelang Workover Sumur Migas di Porong, Bupati Minta Lapindo Sisihkan Pendapatan Untuk Membangun Desa Sekitar Sumur

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah melihat pavingisasi di Desa Wunut, Kecamatan Porong.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah melihat pavingisasi di Desa Wunut, Kecamatan Porong.

(PORONGterkini)-Lapindo Brantas Inc diharapkan bisa menyisihkan pendapatannya dari sumur migas yang ada di kawasan Porong dan sekitarnya. Kemudian dana itu digunakan untuk membangun desa-desa yang ada disekitar sumur migas.

Harapan itu disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meminta kepada Lapindo Brantas Inc lebih perhatian lagi kepada warga sekitar sumur.Selama ini, Lapindo peduli dengan warga sekitar.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan kemasyarakatan. “Kalau dekat dengan warga, saya yakin semua akan berjalan lancar,” ujarnya.

Bupati Sidoarjo dua periode tersebut menambahkan, pihaknya mendukung kegiatan workover (membersihkan dan mengganti pipa) sumur miga yang akan dilakukan oleh Lapindo dibeberapa sumur yang ada di Porong dan Tanggulangin. “Workover tak lain untuk merawat sumur pengeboran yang ada dan meningkatkan hasil produksi gas,” tandasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Lakukan Pendampingan Pelaksanaan Imunisasi Polio di Desa Boro

Saiful llah juga berharap Lapindo merealisasikan janjinya untuk menyisikan hasil produksi gas. Dananya kemudian dialokasikan ke desa-desa wilayah sumur yang beroperasi. “Dengan hasil produksi yang banyak, pastinya desa yang ada di wilayah operasi, akan menerima manfaatnya,” pungkas pria yang akrab disapa Abah Ipul saat menghadiri pavingisasi di Desa Wunut, Kecamatan Porong, Selasa (3-5-2016).

Lapindo rencananya dalam pekan ini akan melakukan workover pada sumur-sumur wilayah Wunut Porong. Yakni di sumur Wunut 4, 15, 16, 19 dan sumur Tanggulangin 3.

BACA JUGA :  Banyak Permintaan Pasar, Warga Binaan Lapas Surabaya Dilatih Budidaya Alpukat Aligator

Vice Presiden Public Relation Lapindo Brantas Inc Hesti Armiwulan, mengatakan kegiatan workover ini dilakukan rutin oleh Lapindo untuk merawat sumur. Pipa yang dimasukkan bagian dalam sumur dicek kemudian diganti dengan yang baru.

Dengan workover, lanjut Hesti akan meningkatkan produksi dan juga melihat cadangan gas yang ada. “Workover bukan pengeboran maupun memperdalam kedalaman sumur. Melainkan untuk perawatn dan meningkatkan produksi gas,” urainya.

Sedangkan kegiatan kemasyaratan, Lapindo dengan arahah SKK Migas, membantu Pemkab Sidoarjo melakukan normalisasi dibeberapa sungai dan saluran di Desa Wunut yang menjadi program tahun anggaran 2016.

BACA JUGA :  JPU Tuntut Kades Tarik 5 Bulan Penjara dan Denda Rp 5 Juta Dalam Kasus Pidana Pemilu

Selain normalisasi, Lapindo juga memperbaiki sarana jalan untuk dilakukan pavingisasi. Pavingisadi dilakukan di wilayah RT 11, 12 dan RT 13 RW 2 Desa Wunut. Pavingisasi juga dilakukan di RT 1 dan RT 2 RW 1 Desa Wunut. (st-12)