SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Jelang Tahun Baru, Pemkab Sidoarjo Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

 

drg. Syaf Satriawaman Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo foto : Dok SIDOARJOterkini.com

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan ruang isolasi tambahan untuk pasien positif covid-19. Penambahan tersebut juga sebagai antisipasi meningkatkannya pasien pasca libur natal dan tahun baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawaman mengatakan, ruang isolasi di rumah sakit ada penambahan. 20 persen setiap rumah sakit rujukan.

“Khusus rumah sakit rujukan, akan menangani pasien terkonfirmasi positif covid-19. Dan pasien yang memiliki penyakit bawaan,” Katanya saat di konfirmasi. 28 Desember 2020.

BACA JUGA :  Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Jalan Ngaban, 16 Pelanggar Terjaring

Sedangkan ruang isolasi di Hotel Delta Mayang kapasitasnya juga ditambah, dari 50 ruangan. Kini menjadi 70 ruang isolasi. Khusus pasien tanpa gejala.

“Saat ini pasien yang sedang di isolasi berjumlah 49 orang. Untuk pasien orang tanpa gejala,”ujarnya.

Disisi lain, Dhamroni Chudlori Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo pencegahan penyebaran covid-19 memang harus ditangani dengan serius. Termasuk menyiapkan ruang isolasi tambahan. Jangan sampai rumah sakit mengalami over load.

BACA JUGA :  Hotel Premier Place Surabaya Menggeliat di Tengah Pandemi

“Kalau perlu MPP dapat dijadikan ruang isolasi,” Ungkapnya.

Selain itu, sebagai langkah preventif pencegahan virus korona. Politisi PKB itu mengusulkan satgas di tingkat desa. Menurutnya peran satgas sudah tidak terlalu aktif.

“Bisa juga Lab PCR yang ada di GOR bisa di operasionalkan lagi,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Polsek Prambon Amankan Pelaku Curanmor, Sempat Dihajar Warga Hingga Babak Belur

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo per 27 Desember 2020. Pasien positif terkonfirmasi covid-19 berjumlah 7917 orang.

Pasien sembuh dari positif tercatat sebanyak 7291 dan yang meninggal sebanyak 520. Hingga saat ini, masih ada 106 pasien di Sidoarjo yang masih dalam perawatan. (pung/cles).