SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Jelang Musim Hujan, KRI Bersihkan Sungai

 

Sungai di kawasan Waru yang dibersihkan KRI
Sungai di kawasan Waru yang dibersihkan KRI

(WARUterkini)- Mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba, Komunitas Relawan Indonesia (KRI) Kab. Sidoarjo, bersih-bersih sungai di Waru, Minggu (23/11/2014). Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pelopor agar masyarakat peduli sungai.

Puluhan anggota KRI itu menggandeng masyarakat Waru dan Kureksari untuk membersihkan eceng gondok dan kotoran sampah masyarakat yang memenuhi sungai tersebut.

Dalam bersih-bersih sungai itu, KRI juga difasilitasi oleh Dinas PU Pengairan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Sidoarjo. “Kegiatan ini murni kepedulian KRI dalam mewujudkan kali bersih dan antisipasi pencegahan banjir,” ucap Suwarno salah satu anggota KRI.

BACA JUGA :  Pengasap Ikan Penatarsewu Manfaatkan CSR Pertagas Untuk Tetap Menggeliat di Tengah Pandemi

Untuk bersih-bersih sungai, KRI sebelumnya juga mempunyai peta-peta lokasi yang rawan banjir dan penyebab adanya banjir. Diantaranya, tidak lancarnya arus air karena adanya sampah yang menyumbat aliran air.

“Kita bersama dinas terkait juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak buang sampah di sungai karena bisa menjadi penyumbatan aliran air yang mengakibatkan penyebab banjir,” terangnya.

BACA JUGA :  Pengayuh Sepeda Pancal Terkapar Ditabrak Sepeda Motor di Jalan Desa Sukodani Balongbendo
BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo dan Bea Cukai Gelar Sosialisasi Cukai Untuk Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Seperti diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya, hampir di pastikan, saat musim penghujan tiba, beberapa desa di kawasan Waru, sering dilanda banjir. Bahkan air menggenangi rumah warga yang di sepanjang sungai, sampai beberapa hari dan kadang sepekan lebih. (st-13)

Berita Terkait

Sejak 2 Tahun Terakhir, Setiap Hujan SDN Banjarsari Tanggulangin Selalu Banjir

redaksi sidoarjo terkini

Dinas Perikanan Sebar Benih Ikan di Sungai

redaksi sidoarjo terkini

Sudah Tiga Hari Banjir Belum Surut