SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Hukum & Kriminal Indeks Profil

Indonesia 2045

 

Penulis : Brigtar Rosyade Atiq Fepiosandi No. AK. 18.164.

Tahun 2045 nanti akan menjadi salah satu hari paling bersejarah untuk Indonesia. Hal ini disebabkan pada tahun 2045 nanti, Indonesia akan tepat mencapai usia 100 tahun. Adanya hal ini menjadi salah satu alasan munculnya Indonesia Generasi Emas 2045.

Generasi emas (Gold generation) sendiri merupakan salah satu visi pemerintah dimana bertujuan untuk membangun sebuah negara maju yang makmur, beradulat, mandiri serta adil dengan Berbekal sumber daya manusia yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi.

Generasi emas ini memiliki 4 buah pilar yang dibangun atas dasar negara dan konstitusi Indonesia, yaitu Pancasila serta UUD 1945. Ke empat buah pilar tersebut, yaitu

1. Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK
Pilar yang pertama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Dimana, pada pilar ini akan sangat didukung oleh bonus demografi yang mana pada tahun tersebut jumlah penduduk produktif Indonesia mencapai 70% dari total keseluruhan yang ada. Sedangkan, untuk penduduk tidak produktif sendiri hanya sekitar 30%.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Dengan adanya pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK, tentunya akan menghantarkan para penduduk Indonesia menjadi sumber daya manusia unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi Indonesia kedepannya.

2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
Pembangunan ekonomi merupakan salah satu hal yang tengah gencar didongkrak oleh pemerintah. Pembangunan ekonomi ini akan menjadi suatu sarana untuk pemerataan pendapatan bagi penduduk serta alat yang digunakan melakukan pengecekan terhadap perubahan fundamental ekonomi negara.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan

Di tahun 2045 nanti, pemerintah berkeinginan kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia bahkan dapat berpengaruh di pasifik. Oleh karena itu, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah kini tengah fokus terhadap pengembangan infrastruktur, pariwisata, perdagangan internasional, hingga pembangunan ekonomi maritim.

3. Pemerataan Pembangunan
Pemerataan pembangunan menjadi salah satu hal penting yang harus ditingkatkan oleh pemerintah. Pemerataan pembangunan ini bertujuan agar hilangnya kesenjangan antara suatu daerah yang satu dengan yang lainnya.
Selain itu, adanya pemerataan pembangunan ini diharapkan agar bisa mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Indonesia. Pemerataan pembangunan ini pada dasarnya sangat berkaitan erat sekali dengan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintah
Yang terakhir terdapat pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintah. Salah satu yang begitu pokok di bagian ini ialah demokrasi substansial. Demokrasi substansial sendiri menurut bawaslu adalah demokrasi pada substansinya yakni penggunaan prinsip-prinsip demokrasi seperti kebebasan individu dan pengakuan hak sipil sebagai pelaksana demokrasi

BACA JUGA :  Maling Motor Apes, Tertangkap dan Dimassa di Desa Tarik

Ada demokrasi seperti ini tentunya akan mewujudkan suatu fungsi dimana pemerintahan melaksanakan dan mewujudkan apa yang diinginkan oleh masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Itulah beberapa pilar yang akan dipakai di tahun 2045 nanti untuk mendukung adanya generasi emas. Pada dasarnya, generasi emas ini memerlukan banyak sekali dukungan dan partisipasi dari masyarakat agar berjalan dengan baik.