SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Indah Kurnia Serahkan Bantuan Sarana Pendukung Pengembangan Desa Wisata Penambangan

 

(SIDOARJOterkini) – Keberadaan desa wisata di Sidoarjo mendapat perhatian Anggota DPR RI Indah Kurnia. Bantuan senilai ratusan juta diberikan kepada Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo untuk pengembangan wisata yang berada di desa tersebut, Minggu 30 Oktober 2022.

Bantuan diserahkan Indah Kurnia kepada Kepala Desa Penambangan Helmi Firmansyah dengan didampingi pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan warga di kantor desa setempat.

Disampaikan Indah Kurnia, bantuan tersebut peruntukannya untuk pengembangan wisata kuliner yang saat ini dikelola oleh BUMDes berupa sarana dan prasarana yang bisa menaikkan daya tarik bagi pengunjung.

“Bantuan untuk wahana permainan dan perbaikan parkir serta tenda UMKM, semoga bisa bermanfaat,”ungkap Indah Kurnia.

Indah Kurnia yang juga Legislator PDI Perjuangan mengatakan, untuk menjadikan desa lebih maju memang dibutuhkan pemerintahan desa yang cerdas dan selalu berinovasi sehingga bisa memanfaatkan potensi desanya untuk kesejahteraan masyarakatnya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Tinjau Proyek SMPN 2 Tulangan Progres Capai 90 Persen

“Saya mengapresiasi kecerdasan pemerintahan desa Penambangan yang berinovasi dengan membangun wisata kuliner ini,”ucapnya.

 

Keberadaan wisata kuliner yang dikelola BUMDes Karya Abadi, lanjut Indah Kurnia tentunya akan bisa membuka lapangan kerja yang bisa membantu ekonomi warga utamanya membangkitkan usaha para pelaku UMKM.

“Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk bersama mengembangkan potensi desa,”tuturnya.

BACA JUGA :  Jaga Kondusifitas, Babinsa Koramil 0816/10 Balongbendo Lakukan Komsos dengan Toga Desa Penambangan

Sementara itu Kepala Desa Penambangan Helmi Firmansyah menyampaikan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Indah Kurnia yang telah memberikan bantuan untuk pengembangan wisata kuliner yang telah dioperasikan sekitar 10 bulan tersebut.

“Banyak hal yang perlu dikembangkan dari wisata kuliner ini, untuk bisa menarik banyak pengunjung diantaranya membangun wahana permainan,”ucap Helmi.

Dikatakannya, bantuan yang diterima akan digunakan sebaik mungkin untuk mengembangkan wisata kuliner Desa Penambangan.

Lebih jauh dijelaskan Helmi Firmansyah, Desa Penambangan memiliki beberapa potensi yang bisa menambah pendapatan desa dan pendapatan warga, pihaknya terus melakukan pengembangan. Saat ini BUMDes Karya Abadi telah mengelola berbagai usaha diantaranya, pasar desa, wisata Kuliner, wisata air Pelayaran dan sambungan jaringan internet antar rumah.

BACA JUGA :  Jaga Kebugaran, Danramil 0816/17 Gedangan dan Forkopimka Gowes Bareng Warga

“Dari berbagai usaha yang dikelola, pemasukan yang diraup setiap bulannya mencapai Rp 500 Juta, Kami akan terus melakukan berbagai pengembangan,”ujarnya.

Ke depan tambah Helmi, Pemerintah Desa Penambangan akan memanfaatkan tanah kas desa seluas 3 hektar untuk dijadikan wisata waduk dan edukasi dengan berbagai fasilitas menarik dan sudah masuk dalam rencana kerja desa.

“Kita targetkan akan selesai dan siap beroperasi tahun 2024,”tandasnya.(cles)