SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Imbas Penghapusan Santunan Korban Covid-19, Dinsos dan Dewan Masih Mengkaji Skema Pemberian Bantuan

 

(SIDOARJOterkini) – Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo telah mengirim 172 data ahli waris yang akan menerima santunan korban covid-19 ke Provinsi Jawa Timur. Untuk mendapat santunan dari pemerintah pusat.

Data tersebut dikirim sebelum Kemensos mengeluarkan surat edaran nomer 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang penghapusan santunan korban covid-19, Rp15 juta.

Tirto Adi Kepala Dinas Sosial Sidoarjo menegaskan, meski data yang diajukan sejak tahun 2020 juga belum cair. Pihaknya tidak akan tinggal diam.

BACA JUGA :  BST Kemensos Disalurkan Kepada KPM di Kecamatan Porong

Menurutnya, ia akan membicarakan kebijakan ini dengan Bupati dan Wakil Bupati yang baru, mengenai kebijakan pemberian santunan kepada korban covid-19.

“Karena inikan ranahnya kebijakan. Coba nanti saya sampaikan kepada beliau-beliau (Bupati, Wabup, dan Sekda) apakah ada kebijakan dari daerah untuk memberikan bantuan pada korban meninggal ini,” Katanya saat dikonfirmasi, Rabu 24 Februari 2021.

Senada dengan Tirto, Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Dhamroni Chudlori mengatakan, saat ini daerah juga masih belum bisa bertindak lebih jauh. Terlebih penerbitan surat edaran ini berada di tengah-tengah berjalannya tahun anggaran.

BACA JUGA :  Ternyata ini Yang Dilakukan Kompol Fahrian Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

“Kami lihat dulu nanti ke depannya bagaimana sikap dari pemerintah pusat. Yang sudah diajukan sebelum SE saja kan tidak bisa dapat,” ujarnya.

“Apalagi kasus meninggal yang baru. Kemungkinannya kalau untuk bantuan dari pemkab, baru bisa dibahas dan diusulkan saat nanti di pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2021,” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Warga Sidoarjo Ini Kecewa, Sudah Bayar Lunas Tapi Belum Terima Rumah

Selain 172 pasien meninggal yang datanya sudah dikirimkan ke Dinsos Provinsi, Dinsos Sidoarjo juga telah mengantongi 123 data pasien meninggal yang berkasnya masih belum lengkap. Sedangkan, kasus meninggal karena Covid-19 di Sidoarjo saat ini sudah mencapai angka 586 pasien. (Pung/cles)