SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Hujan Disertai Angin Kencang, Tumbangkan Pohon di Raya Porong dan Rusakkan Puluhan Rumah di Tanggulangin

 

Diterjang Angin kencang – Kondisi rumah warga Desa Gempolsari Tanggulangin

(SIDOARJOterkini) – Dua kawasan di Sidoarjo terimbas hujan deras yang turun disertai angin kencang pada sore hingga malam hari, pohon-pohon tumbang di sepanjang jalan raya Porong dan beberapa rumah di desa Gempolsari Tanggulangin mengalami kerusakan, Kamis 23 Desember 2021.

Di raya Porong tepatnya di sisi tanggul Lapindo sejumlah pohon trembesi tumbang hingga menutup badan jalan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas dari arah Sidoarjo.

“Angin sangat kencang sekali, hingga menyebabkan beberapa pohon tumbang ke jalan,”ungkap Khoiri warga Porong.

BACA JUGA :  Peringati HUT RI ke 77, Satgas TMMD Sidoarjo Bersama Warga Gelar Doa Bersama dan Tasyakuran

Dikatakannya, kejadian sekitar pukul 16.00 sore, hujan sangat deras disertai angin kencang menerpa pepohonan hingga beberapa pohon trembesi tumbang ke jalan.

Petugas bersihkan Pohon tumbang di raya Porong

“Beruntung saat tumbangnya pepohonan tidak ada kendaraan yang melintas,”ucapnya.

Sementara petugas BPBD Sidoarjo yang tiba di lokasi, langsung melakukan pemotongan pohon tumbang dan bersama petugas DLHK melakukan pembersihan dan lalu lintas kembali lancar.

Sementara itu dalam waktu yang bersamaan, hujan disertai angin kencang juga terjadi di Dusun Pologunting Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin, puluhan rumah warga rusak dengan kategori ringan hingga berat. Ada dua bangunan yang rusak dengan kategori berat yakni satu gudang rongsokan milik Arif warga RT 14/04 dan rumah kontrakan di RT 15/04 milik Khoirul Anam mengalami rusak parah pada bagian atap.

BACA JUGA :  HUT RI ke 77, Bupati Sidoarjo Komitmen Merdekakan Sidoarjo dari Kemacetan

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan, curah hujan tinggi dengan disertai angin kencang membuat beberapa pohon di kawasan Porong tumbang ke jalan dan menerpa rumah warga di Desa Gempolsari hingga mengalami kerusakan.

“Petugas sudah melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang ke jalan juga rumah warga di Desa Gempolsari yang rusak. Saat ini tengah dilakukan pendataan,” ungkapnya saat dihubungi , Kamis 23 Desember 2021.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Detik-detik Kemerdekaan RI ke 77
Kondisi rumah rusak di desa Gempolsari Tanggulangin

Pantauan di lokasi, petugas BPBD Sidoarjo bersama dengan Camat Tanggulangin serta TNI Polri turut melakukan pembersihan beberapa rumah yang rusak. Kondisi kerusakan terparah di RT 15/04 Gempolsari sekitar 12 rumah mengalami rusak ringan hingga sedang. Musholla Al Abror di RT 14/04 atapnya mengalami rusak dan gentingnya rontok. (nic/cles)