SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Hal Dugaan Penyelewengan Dana BK, Begini Penjelasan Kades Banjarkemuning

 

Kepala Desa Banjarkemuning H M Zainul Abidin

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Desa Banjarkemuning Kecamatan Sedati memberikan klarifikasi atas dugaan penyelewengan dana Bantuan Keuangan senilai Rp 55 Juta yang dilakukan oleh Sekretaris desa dan Ketua BPD.

Kepala Desa Banjarkemuning H M Zainul Abidin telah memanggil kedua warganya tersebut setelah dilaporkan oleh tokoh masyarakat desanya ke pihak berwajib.

“Kedua orang tersebut sudah saya panggil dan telah memberikan klarifikasi bahwa dari 11 orang pelaku UMKM yang di data masing-masing sudah menerima bantuan dari dana BK tersebut,” kata Zainul saat dikonfirmasi, Kamis 25 Agustus 2022.

BACA JUGA :  Aksi Pencurian Kawanan Maling Mikrolet di Anggaswangi Sukodono Digagalkan, 1 Pelaku Diamankan

Kades Banjarkemuning tersebut menjelaskan kalau dana BK sebesar Rp. 55 juta yang bersumber dari APBD Sidoarjo itu tidak ada masalah, bahkan SPJ juga sudah dibuat sesuai dengan faktanya.

“Semua penerima bantuan BK juga sudah saya panggil, mereka mengakui kalau sudah menerima dana BK tersebut sebesar 5 juta,” jelasnya.

BACA JUGA :  Tukang Becak Asal Sidoarjo Tega Cabuli Bocah Cantik Tetangganya

Lebih jauh Zainul mengungkapkan kalau Bantuan Keuangan dari Kabupaten tersebut perencanaannya di tahun 2020 oleh Kades PJ, kemudian realisasinya tahun 2021.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Perhatian Kak Seto Kepada Warga Binaan Rutan Perempuan yang Baru Melahirkan

“Dana BK itu direncanakan di tahun 2020 mas, realisasinya tahun 2021. Waktu usulan itu masih Kades PJ. Sedangkan saya dilantik pada bulan Maret 2021, jadi saya hanya menjalankan APBDes Tahun 2021, tidak ikut merencanakan. Termasuk usulan BK untuk UMKM itu juga saya tinggal menjalankan,” tandasnya. (cles)