SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Hadiri Pengukuhan Pengurus Abpednas , Wabup Sidoarjo Ingatkan Sinergitas Kades dan BPD Membangun Desa

 

(SIDOARJOterkini) – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa saat ini menempati posisi yang sangat penting. Fungsi BPD, selain membahas dan menyepakati rencana Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa juga berfungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kerja Kepala Desa.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH dalam sambutannya saat menghadiri Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Musyawarah Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Sidoarjo, di aula Kecamatan Sukodono,Minggu 18 September 2022.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH. mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran DPC dan PAC ABPEDNAS Sidoarjo yang telah dilantik secara langsung oleh Jarot Cahyadi selaku Wakil Ketua DPD ABPEDNAS Jawa Timur.

BACA JUGA :  Ketua PKK Sidoarjo Bekali 200 Kader PKK Kecamatan Ilmu Keprotokolan dan MC

Dalam sambutannya Wabup H. Subandi mengatakan salah satu tugas BPD adalah sebagai kanal aspirasi dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah. Keberadaan BPD sangat penting dalam menentukan kemajuan pembangunan desa.

“BPD sebagai lembaga formal yang punya peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup H. Subandi jika pekerjaan BPD adalah mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. Namun juga harus dibarengi dengan bekerja ikhlas dan cerdas karena menurutnya dengan hal itu akan mendapatkan hasil yang baik. Untuk itu Pemkab Sidoarjo sangat mendukung terbentuknya asosiasi ini.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Terbentuknya ABPEDNAS ini, diharapkan mampu menjadi mitra kerja bagi para Kepala Desa untuk bersinergi dan bekerja sama dalam membangun dan memajukan Kabupaten Sidoarjo,” kata Abah Bandi sapaan akrabnya.

Melihat peran strategis BPD tersebut lanjut Wabup H. Subandi, BPD haruslah mampu menjadi benteng dari budaya birokrasi yang tidak bersih serta mampu merumuskan indikator kinerja untuk meningkatkan pembangunan yang ada di desa. Untuk mewujudkan hal itu, diharapkan setiap anggota BPD senantiasa meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya. Menghindari disharmonisasi antar BPD dan pemerintah desa yang acap kali terjadi diharapkan tidak terjadi.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

“Keberadaan BPD dalam pemerintahan Desa adalah check and balance, BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi dan hal-hal untuk transparansi yang ada di desa,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sidoarjo , Kepala Bakesbangpol Sidoarjo, Camat Sukodono, Pengurus DPD ABPEDNAS Provinsi Jatim, seluruh pengurus DPC ABPEDNAS se-Kabupaten Sidoarjo serta tokoh masyarakat.(cles)