SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Gelar Patur Secara Virtual, KPP Pratama Sidoarjo Selatan Beri Pemahaman Pajak Sejak Dini Pada Pelajar

 

Pajak Bertutur Tahun 2021 yang digelar KPP Pratama Sidoarjo Selatan bersama Siswa SMAN 3 Sidoarjo secara Virtual (Ft Boy ST)

(SIDOARJOterkini) – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan Kanwil Direktorat Jenderal Jawa Timur ll menggelar acara Pajak Bertutur (Patur) tahun 2021 dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pajak kepada puluhan siswa SMAN 3 Sidoarjo secara virtual, Rabu 25 Agustus 2021.

Patur tahun 2021 dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara diikuti 50 Siswa SMAN 3 Sidoarjo secara virtual, sebagai upaya dari DJP yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan untuk mempersiapkan generasi emas yang taat pajak.

Pada kesempatan tersebut Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan Heru Budi Kusumo mengungkapkan, DJP berkewajiban mempersiapkan generasi emas tahun 2045 yang taat pajak dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pentingnya pajak.

BACA JUGA :  Akhir Pekan, Polresta Sidoarjo Hadirkan Vaksinasi Covid-19 Jemput Bola

“Diharapkan setelah 20 -25 tahun mendatang para pelajar ini akan menjadi generasi produktif yang taat pajak,”kata Heru.

Lanjut Heru, para generasi muda diharapkan juga bisa menjadi agen perubahan tentang kesadaran dalam membayar pajak.

“Pemahaman tentang pajak yang sudah didapat hendaknya disampaikan kepada teman sekolah, keluarga dan lingkungannya, sehingga ketaatan membayar pajak akan terwujud,” ucapnya.

BACA JUGA :  Seorang Guru di Waru Tewas Tersambar Kereta Api di Depan Sekolahan Tempatnya Mengajar

Desy Pitria Asmoro, tim penyuluhan KPP Pratama Sidoarjo Selatan yang bertindak sebagai pemateri menyampaikan, saat pandemi covid-19 pengeluaran negara sangat tinggi. Pemerintah terus menggalakkan vaksinasi massal untuk mewujudkan Herd Immunity, anggaran untuk pengadaan vaksin yang mencapai hingga Rp 11,62 Triliun sungguh sangat besar.

Pemateri Desy Pitria Asmoro dari KPP Pratama Sidoarjo Selatan saat memberikan pemahaman tentang perpajakan (Ft Boy ST)

“Penghasilan negara dari sektor pajak sangat berperan dalam pengadaan vaksin tersebut, belum lagi pembangunan infrastruktur dan lainnya,”ungkapnya.

Hal kewajiban bela negara tambah Desy, tidak harus dikaitkan dengan perang atau angkat senjata saja, namun berkontribusi dalam perpajakan merupakan upaya bela negara.

BACA JUGA :  Masyarakat Sidoarjo Yang Belum Mendapatkan Bansos Segera Lapor

“Karena dengan pajak kita telah ikut serta menjamin kelangsungan negara, pertahanan dan keamanan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan bangsa,”tuturnya.

Wakil Kepala SMAN 3 Sidoarjo Bambang Wahyudi, mengapresiasi Patur yang digelar KPP Pratama Sidoarjo Selatan, menurutnya, kesadaran taat pajak harus dipupuk sejak dini, dengan begitu saat dewasa pemahaman tentang perpajakan akan berubah menjadi kesadaran dalam ketaatan membayar pajak.

“Ilmu perpajakan yang didapat ini, akan menjadi bekal dan bisa ditularkan kepada lainnya,”tandasnya. (st-12/cles)