SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Forkopimka Balongbendo Gelar Rakor Untuk Wujudkan Kondusifitas Wilayah Jelang Ramadhan

 

Foto : DPRD Sidoarjo bersama Forkopimka Balongbendo saat menggelar Rapat Koordinasi jelang Ramadhan

SIDOARJO – Forkopimka (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Balongbendo menggelar rapat koordinasi menjelang Bulan Suci Ramadhan, di pendopo Kecamatan Balongbendo, Jumat 17 Maret 2023.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H Kayan, Anggota DPRD Sidoarjo H Pujiono, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, dan Ketua MUI Balongbendo serta berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) termasuk Perguruan Silat yang berada di wilayah Balongbendo.

Dalam kesempatan tersebut Camat Balongbendo Achmad Farkan Jazuli menyampaikan, semua pihak harus meningkatkan Kamtibmas untuk menjaga kondusifitas wilayah Balongbendo utamanya saat bulan Ramadhan.

“Kami sadar tidak mampu mewujudkan kekondusifan wilayah Balongbendo tanpa dukungan dari semua warga,”ungkapnya.

Rapat Koordinasi yang digelar lanjut Farkan, bertujuan untuk memaksimalkan peran semua Ormas bersama dengan anggotanya untuk membantu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman saat bulan puasa.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

“Sehingga umat Islam bisa dengan khusyuk menjalankan ibadah puasanya,”ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H Kayan yang hadir dalam rakor tersebut mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Forkopimka yang berupaya untuk menciptakan kondusifitas wilayah Balongbendo saat menjelang bulan suci  Ramadhan.

“Upaya yang maksimal dan tepat untuk menjadikan wilayah kondusif dengan melibatkan semua stakeholder, ormas bahkan perguruan silat,”ungkapnya.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan Forkopimka berkaitan dengan kekondusifan wilayah saat bulan Ramadhan seperti penertiban warung makan, Miras, termasuk kenakalan remaja seperti tawuran, balap liar.

“Yang utama adalah saling menghargai, seperti warung makan bisa tetap buka tapi ditutup dengan kain, karena ada saudara non muslim yang mungkin biasa makan di warung, dan itu harus dihormati,”ujarnya.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

Ditambahkan Legislator dari Gerindra itu, menciptakan kekondusifan wilayah juga menjadi peran dari orang tua, sekolah termasuk para Ormas yang hadir.

“Seperti berita tentang kelompok pemuda dengan senjata tajam yang beberapa waktu sempat viral, hal tersebut tidak akan terjadi kalau semuanya berperan dan ikut memberikan pemahaman kepada para pemuda untuk selalu menjaga ketertiban,”ujarnya.

Kapolsek Balongbendo Kompol Hasim As’ari menyampaikan, mewujudkan wilayah kondusif harus menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Dan harus didasari dengan kesadaran tinggi untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Dalam Bulan Ramadhan Pihaknya bersama dengan Forkopimka akan menambah¬† intensitas untuk melakukan patroli agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasanya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

“Khususnya untuk perguruan silat, hendaknya selalu menjaga diri dan menjaga nama besar perguruannya, hindari perbuatan yang melanggar hukum,”tegasnya.

Ditambahkan Danramil Balongbendo Kapten Inf Hendro Sugiono, bulan Ramadhan harus dijadikan sebagai waktu untuk berbuat amal kebajikan. Dirinya meminta kepada semua masyarakat untuk menjaga Balongbendo tetap aman dan kondusif.

“Pihak Forkopimka Balongbendo akan siap memfasilitasi perguruan silat untuk melakukan pembinaan agar Balongbendo tetap damai, aman dan nyaman,”jelasnya.

Rapat koordinasi selanjutnya diisi dengan diskusi dan tanya jawab terkait persiapan jelang Ramadhan dan beberapa kejadian yang melibatkan perguruan silat serta kenakalan remaja. (cles)