SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Festival Ramadan Lapas Sidoarjo Jadi Penawar Rindu Bagi WBP

 

(SIDOARJOterkini) – Lapas Sidoarjo menggelar Festival Ramadan 1443H hingga 25 April mendatang. Plt Kakanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto berharap kegiatan ini menjadi penawar rindu warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Dalam sambutannya, Wisnu mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji itu. Menurutnya, pihak lapas bisa menghadirkan atmosfer ramadan di luar tembok lapas. Yaitu dengan kegiatan-kegiatan seperti bazar dan hiburan untuk menemani ngabuburit.

“Kami kira ini jadi kegiatan rekreasional yang bagus untuk kesehatan mental dan psikologis WBP,” ujarnya (23/4).

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Sementara itu, Teguh menjelaskan bahwa pelaksanaan Festival Ramadan 2022 merupakan kegiatan tahunan pada bidang pembinaan WBP. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembinaan di bidang keagamaan dan kreatifitas seni.

“Kebetulan ramadan kali ini sekaligusberbarengan dengan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan,” jelas Teguh.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Jenguk Balita Tanpa Anus dan Pengidap Down Syndrome di Wilayut Sukodono

Kegiatan yang digelar di lapangan lapas itu rencananya akan diselenggarakan selama tiga hari ke depan. Berbagai agenda utama adalah Bazar Aneka Makanan, Lomba Musik Kreatif, Penampilan Kebaya sekaligus Memperingati Hari Kartini, Live Music, Lomba Stand-up Comedy, Peringatan Malam Nuzulul Qur’an dan Tasyakuran dan Do’a Bersama Bagi Pemasyarakatan.

BACA JUGA :  Wanita Muda Patah Kaki, Setelah Motornya Tergelincir di Jalan Wonokupang Balongbendo

“Semuanya akan diisi oleh warga binaan, jadi ini jadi ajang mereka untuk berekspresi,” tutur Teguh.

Pada kesempatan ini Plt kakanwil dan Kalapas Sidoarjo juga menyerahkan bantuan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu. Hal ini sebagai bentuk dari Bakti Sosial untuk masyarakat yang berjuang memulihkan ekonomi pasca pandemi. (cles)