SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Ekspose Monev Kinerja OPD 2021, Pertumbuhan Ekonomi Sidoarjo Alami Reborn

 

(SIDOARJOterkini) – Pemkab Sidoarjo melaksanakan agenda rutin tahunan Ekspose Monev Kinerja OPD tahun 2021, untuk mengevaluasi capaian kinerja OPD yang menjadi barometer keberhasilan pembangunan daerah di Fave Hotel Sidoarjo, Selasa 15 Maret 2022.

Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Andjar Surjadianto memimpin kegiatan ekspose monev tahun 2021. Kegiatan ini memonitoring dan mengevaluasi kinerja pimpinan dan jajaran OPD, serta programnya.

Target – target tiap tahun  yang telah ditetapkan yang tertuang dalam perencanaan daerah dan perangkat daerah dapat tercapai sesuai dengan yang direncanakan. Karena dengan percepatan belanja daerah yang dalokasikan dalam APBD menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Maling Motor Apes, Tertangkap dan Dimassa di Desa Tarik

“Alhamdulillah di tahun 2021 berkat kerja keras kita semua pertumbuhan ekonomi kita mengalami reborn. Dari minus 3.69 meningkat menjadi 4,21 persen, atau meningkat hampir mendekati 80 persen meskipun masih dalam penanganan pandemi covid,” jelasnya.

Pada monev ini beberapa kinerja utama menunjukkan angka ketercapaiannya. Tingkat pengangguran terbuka yang belum mencapai target, walaupun telah menunjukkan angka penurunan dibanding tahun 2020. Oleh sebab itu, program menciptakan 100 ribu lapangan pekerjaan selama periode RPJMD 2021-2026 diharapkan dapat mengurangi angka penganggutan terbuka.

“Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kita harus fokus pada pencapaian 17 program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, serta perbaikan pelayanan dasar masyarakat dalam penanganan pandemi covid,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Wanita Muda Patah Kaki, Setelah Motornya Tergelincir di Jalan Wonokupang Balongbendo

Masih menurut Andjar, ekspose monev ini memiliki nilai yang strategis dalam evaluasi capaian kinerja dan perbaikan atas kinerja yang dilakukan agar lebih baik. Hasil evaluasi dapat menjadi masukan dalam penyusunan perencanaan tahun berikutnya

Pada ekspose monev kinerja OPD tahun 2021 ada 10 OPD yang mendapat penghargaan kinerja terbaik. Tiga besar OPD berkerja terbaik pertama Kecamatan Sukodono, kedua RSUD Sidoarjo dan ketiga Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo.

“Bagi perangkat daerah yang kinerjanya sedang mohon ditingkatkan. Bersyukur tahun ini tidak ada lagi perangkat daerah yang masuk dalam kinerja rendah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Ukuran kinerja pada hakekatnya bukan hanya pada capaian angka – angka kuantitatif tapi apakah capaian yang diraih mempunyai dampak yang signifikan dan dapat dirasakan masyarakat atau tidak sehingga hasil – hasil pembangunan selama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat

Pentingnya beberapa aspek dan faktor kunci pembangunan daerah terletak pada peningkatan kualitas SDM yang unggul, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik, serta sinergitas perangkat daerah dan instansi pemerintah. (st-12/cles)