SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Disnaker Sidoarjo Gelar Sosialisasi Program 1000 Angkringan Santri

 

(SIDOARJOterkini) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi program 1000 angkringan Santri, di aula Kecamatan Tanggulangin, Selasa 17 Mei 2022.

Acara yang diikuti Perwakilan Masyarakat Desa sekecamatan Tanggulangin tersebut dihadiri Camat Tanggulangin dan perwakilan dari Disnaker Sidoarjo.

Camat Tanggulangin Sabino Mariano mengatakan, program 1000 angkringan sangat berdampak pada kemajuan UMKM dan penyerapan tenaga kerja.

“Program ini untuk mendukung pengembangan usaha warga yang tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja,”ungkapnya.

Sementara itu Hariono perwakilan dari Disnaker mengungkapkan, program 1000 angkringan merupakan bentuk dukungan dari program seratus ribu lowongan kerja yang digagas Pemkab Sidoarjo.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Pantau Festival Anak Sawah di Kampung Lali Gadget Pagerngumbuk

Dengan berjalannya program 1000 angkringan lanjut Hariono, diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo yang masih cukup tinggi.

“Disnaker Sidoarjo tahun 2022 mendapatkan amanah untuk bisa menempatkan 24 ribu pengangguran untuk berwiraswasta, karena angka pengangguran di Sidoarjo masih tertinggi di Jawa Timur,”tambahnya.

BACA JUGA :  Pabrik Thinner di Pergudangan Safe n Lock Sidoarjo Terbakar Hebat, Dua Karyawan Alami Luka Bakar

Untuk hal tersebut lanjutnya, Disnaker Sidoarjo bersama sponsorship mengupayakan untuk mengurangi tingkat pengangguran melalui program 1000 angkringan.

“Program 1000 angkringan bukan didanai dari pemerintahan kabupaten, provinsi maupun pusat apalagi hibah ataupun royalti, namun program ini adalah upaya Disnaker bersama sponsor untuk mengurangi pengangguran,”ujarnya.

BACA JUGA :  Babak Final, Tim Futsal Sidoarjo Berhasil Raih Medali Perak di Porprov Jatim VII

Dipaparkan Hariono, program 1000 angkringan bersifat kemitraan, yang semua keuntungannya milik warga, yang penting perusahaannya bisa menjualkan produk. Warga yang menjadi peserta program melakukan perjanjian selama 1 tahun, apabila memenuhi target akan mendapatkan reward dari sponsorship.

“Program 1000 angkringan untuk 18 kecamatan ini akan dilaunching Bupati Sidoarjo pada saat Job Fair di alun-alun,”tandasnya. (nic/cles)