SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Dinkop UKM Sidoarjo Galakkan Budaya Belanja di Warung Tetangga

IMG_20160531_115338
(SIDOARJOterkini)- Gerakan Belanja di Warung Tetangga. Itulah salah satu upaya yang dilakukan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Sidoarjo untuk memberdayakan pedagang mikro kecil atau pedagang pracangan.

Dengan gerakan ini, diharapkan masyarakat mau berbelanja ke warung milik tetangganya. Dengan demikian, perekonomian pedagang pracangan.

Kepala Dinkop, UKM, Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Sidoarjo Dr Feny Apridawati menegaskan Gerakan Belanja di Warung Tetangga ini, sebuah gerakan mengkampanyekan agar masyarakat senang belanja di warung tetangga.

BACA JUGA :  Keripik Visang Produk UMKM Asal Sidoarjo Masuk Minimarket dan Ritel Malaysia

Sebenarnya gerakan ini sudah dimulai sejak tahun 2012. Beberapa suntijan yang dilakukan Dinkop, diantaranya dengan memberikan hibah peralatan dan bahan pracangan. “Kami mendorong kualitas usaha pelaku pracangan sehingga warga tertarik dan mau belanja di warung pracangan tersebut,” ujar Feny di sela Sosialisasi Gerakan Belanja di Warung Tetangga, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa (31-5-2016)

BACA JUGA :  Tahun 2024 Ini Jalan Desa Dukuhsari Jabon Dibeton

Dengan support semacam itu, lanjutnya, harapannya para pedagang pracangan di desa-desa tersebut bisa bersaing dengan toko modern yang banyak di Sidoarjo. Apalagi bakal berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Feny menjelaskan, dalam sosialisasi tentang gerakan tersebut, juga ada dialog bagaimana menggali potensi pengembangan usaha pracangan dengan harapan agar ke depan bisa menjadi bisnis yang berkembang.

BACA JUGA :  Kades Tarik Jalani Sidang Perdana di PN Sidoarjo Kasus Gelar Kampanye Pemilu di Balai Desa

Sedangkan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, menjelaskan jika Gerakan Belanja di Warung Tetangga merupakan salah satu upaya Pemkab Sidoarjo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Inovasi dan kreativitas para pelaku usaha juga tetap dituntut untuk aktif menjalankan usahanya. “Ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kecil,” pungkas Abah Saiful. (st-12)