SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Dinas PPPA dan KB Sosialisasi Audit Stunting Menuju Sidoarjo Zero Stunting

 

(SIDOARJOterkini) – Stunting masih menjadi permasalah serius dan menjadi prioritas dalam pembangunan Pemkab Sidoarjo. Dinas PPPA dan KB Kabupaten Sidoarjo melakukan sosialisasi identifikasi audit stunting di Kantor Desa Balongdowo Kecamatan Candi.Jumat 29 Juli 2022.

Kepala Dinas PPPA dan KB, Ainun Amalia, S.Sos, menghimbau Kepala Desa dan masyarakat Balongdowo untuk tidak berkecil hati karena Desa Balongdowo dijadikan lokus stunting. Ada 10 lokus stunting di Kabupaten Sidoarjo tahun 2022, karena dari data yang ada 10 lokus tersebut masuk zona resiko tinggi stunting.

“Audit stunting ini merupakan instruksi dari pusat yang di breakdown ke provinsi. Provinsi memerintahkan kepada kabupaten/ kota untuk melakukan audit terkait stunting ini berdasarkan Perpres 72 Tahun 2021,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pelatihan Pembuatan Kue Hiasi Program TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo

Ia juga mengatakan untuk Indonesia di tahun 2024 kasus stunting turun 14 persen. Kalau kita mengerucut lagi provinsi masih 21, sekian persen. Berdasarkan data dari Bappeda Kabupaten Sidoarjo kita masih 7,7 persen, masih dibawah standar nasional. Harapannya Sidoarjo bisa Zero Stunting.

“Dari 10 desa lokus yang ditetapkan kalu kita kerucutkan lagi itu berada di Kecamatan Buduran, Candi dan Gedangan. Ada 3 desa lokus yang dijadikan sebagai pilot project kegiatan audit stunting ,”jelasnya.

BACA JUGA :  DJP Jatim II Ajak Mahasiswa Tuturkan Kesadaran Pajak

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Sri Andari, dari data yang masuk ke Dinas Kesehatan, Desa Balongdowo ini dari hasil penimbangan posyandu dari Desa se-Kecamatan Candi, menduduki posisi ke 3 prosentase kualitas stunting tahun 2021. Kondisi ini lebih baik daripada tahun 2020 yang menduduki posisi 4.

BACA JUGA :  Satgas TMMD dan Dinsos Sidoarjo Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Warga Rejeni

“Kondisi ini menunjukkan status gizi yang ada di wilayah Balongdowo berangsur-angsur menjadi lebih baik. Jelasnya. (cles)